Lelang Kerajinan Olah Limbah Sampah Turut Ramaikan HUT ke-42 Dekranas Provinsi Jateng

banner 468x60

BERITAPANTURA.id, TEGAL – Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 42 Dewan Kerajinan Nasional Provinsi Jawa Tengah, sejumlah barang hasil pemanfaatan olah sampah dan limbah dilelang di Pendopo Ki Gede Sebayu Kompleks Balaikota Tegal, Kamis (24/03/2022).

Acara lelang tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Dekranasda Kab/ Kota, IWAPI, Istri Forkopimda, Anggota DPRD Wanita, GOW, PKK, Dharma Wanita dan Isteri Pejabat maupun Kepala Dinas.

Bacaan Lainnya
banner 300x250
Hari Ulang Tahun (HUT) ke 42 Dewan Kerajinan Nasional Provinsi Jawa Tengah di Pendopo Ki Gede Sebayu Kompleks Balaikota Tegal, Kamis (24/03/2022). (Foto: Dinkominfo Kota Tegal)

Ketua Harian Dekranas Provinsi Jawa Tengah Peni Rahayu selaku host pada acara lelang mengatakan ada sebanyak 16 barang yang dilelang. Barang atau produk tersebut merupakan barang-barang hasil kerajinan mengolah sampah, dari berbagai macam limbah, seperti dari limbah plastik, kain dan sebagainya.

Ini dimaksudkan agar turut mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa dari sampah menjadi barang yang luar biasa yang memiliki nilai rupiah. Pada acara lelang dibuka dengan bid kelipatan Rp 10 ribu. Selain lelang juga mengajak peserta lelang untuk berpartisipasi mendukung UMKM agar semakin berkembang ditengah pandemi.

Beberapa berang yang dilelang, seperti tempat tisu dari koran bekas, tas kulit, outer dari bahan eco print dan barang lelang lainnya dari harga ratusan ribu hingga terjual jutaan rupiah.

Ny Diah Istri dari Kepala Samsat Brebes yang berhasil memenangkan lelang outer eco print mengatakan baju eco print yang dilelang kualitasnya tidak kalah dengan produk pabrikan atau produk luar. Meskipun hasil produksi UMKM tetapi untuk menghasilkan motif rapi dan bagus dengan konsep eco print tidaklah mudah.

Diah yang memenangkan lelang diangka Rp 600 ribu mengungkapkan baju outer eco print tersebut akan dikenakan sendiri. Dirinya yang menyukai pewarna pakaian alami menuturkan bahwa belum lama mendapatkan pelatihan membatik eco print, dari situlah tahu persis kerja keras para pembatik untuk menghasilkan motif yang bagus dan menarik. (BP/wan)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan