Bupati Apresiasi Penyelenggaraan Gathering BRI Pemalang

BERITAPANTURA.id, PEMALANG – Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo mengapresiasi Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Pemalang yang telah menginisiasi dan menyelenggarakan ajang silaturahmi dengan Pemerintah Kabupaten Pemalang.

Apresiasi tersebut disampaikanya ketika menghadiri acara Gathering Ekosistem Desa di Lingkungan Benowo Park Desa Penggarit, Rabu (12/01/2022).

Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowopada acara acara Gathering Ekosistem Desa di Lingkungan Benowo Park Desa Penggarit, Rabu (12/01/2022). (Foto: Diskominfo Pemalang)

Dengan adanya acara gathering tersebut diharapkan akan semakin mempererat hubungan kerjasama dalam menumbuhkembangkan ekonomi masyarakat Desa utamanya di Kabupaten Pemalang dan juga bisa memberikan pemahaman kepada seluruh pelaku usaha tentang perencanaan anggaran, administrasi keuangan, maupun pemasaran produk,” kata Agung.

Agung mengemukakan, sebagai mitra Pemerintah, BRI Cabang Pemalang punya peran dan fungsi yang sangat besar dalam pembangunan khususnya di Kabupaten Pemalang. Kehadiran BRI Bank juga dinilai memiliki tanggung jawab sosial dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terlebih di tengah kondisi pandemi yang sampai saat ini belum berakhir.

“Saya kembali berharap BRI akan tetap eksis dan berkomitmen untuk memajukan dan mengoptimalkan serta mengembangkan ekosistem desa yang terdiri dari masyarakat desa, Pemerintah Desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), serta pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang mana mereka semua saling terhubung dan mendukung satu dengan yang lain guna menciptakan proses bisnis yang berkesinambungan pada suatu desa khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Pemalang,” terangnya.

Dengan demikian, lanjut dia, nantinya seluruh pelaku usaha tersebut akan bermuara pada peningkatan usaha masyarakat untuk meningkatkan produktifitas dan membuka usaha baru yang bisa mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat dan daerah.

”Semua tujuan tersebut tentunya tidak terlepas dari keberadaan para Mantri dari BRI sebagai ujung tombak perekonomian di desa, yang tidak hanya bertugas sebagai tenaga pemasaran progam dan produk-produk BRI saja, melainkan mereka juga turut andil dalam memberdayakan BUMDes dan UMKM,” jelasnya.

Lebih lanjut Agung menuturkan, tidak hanya seputar kredit saja, tapi diperlukan pula bimbingan administrasi keuangan maupun membantu untuk memasarkan produk secara digital. Menurutnya hal itu sesuai dengan salah satu program Pemerintah Kabupaten Pemalang yang tertuang dalam dokumen RPJMD Tahun 2021-2026 yaitu “Terwujudnya Kabupaten Pemalang yang Adil, Makmur, Agamis, dan Ngangeni” yang mana visi tersebut memiliki 4 (Empat) program unggulan yaitu Dewi (Desa Wisata), Dedi (Desa Digital), Desi (Desa Sinergi) dan Koin (Kota Industri).

“Dengan program pendampingan ini, nantinya akan berperan untuk menciptakan cluster usaha baru yang diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup anggota maupun masyarakat sekitarnya serta mendukung penuh pelaku UMKM yang sudah ada untuk dapat terus berkembang,” ujarnya.

Kepada pihak BRI, dirinya juga minta mereka bisa terus menjadin hubungan yang baik dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang serta melakukan kerjasama dalam pengembangan ekosistem desa, baik dalam bentuk kemudahan bantuan modal usaha, pemberian pelatihan pendampingan kepada BUMDes dan pelaku UMKM dengan melibatkan stakeholder terkait.

Sebelumnya Pimpinan Cabang BRI Pemalang Puji Rustomo dalam sambutannya menyampaikan, mudah-mudahan karena BRI menjadi apa mendapatkan kuota yang terbesar dari pemerintah terkait dengan penyaluran Kredit Usaha Rakyat ( KUR), maka dari itu kami tekan sejak awal tahun penyaluran KUR masyarakat khususnya pelaku UMKM termasuk penggiat desa wisata ini harus secara masif.

“Diharapkan pertengahan tahun dan sebagainya pertumbuhan ekonomi maupun tingkat kemakmuran masyarakat Pemalang, BRI punya andil untuk bisa lebih meningkatkan lagi,” tandasnya. (BP/ard)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: