Bupati Jepara Terima Estafet Obor PeSOnas

BERITAPANTURA.id, JEPARABupati Jepara Dian Kristiandi menerima obor Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas) 2022 dari Bupati Pati Haryanto di Pendapa Kabupaten Pati, Jumat (14/01/2022). Ini menjadi bagian dari estafet obor PeSOnas yang akan digelar Juli mendatang di Semarang.

Usai menerima dari Bupati Pati, obor selanjutnya diserahkan oleh Dian Kristiandi kepada Heru Wisnu Budiawan, siswa SLB Jepara. Lalu dikirab ke Jepara, melalui Kecamatan Tayu Pati. Selanjutnya menuju Pendopo R.A. Kartini.

Bupati Jepara Dian Kristiandi menerima obor Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas) 2022 dari Bupati Pati Haryanto di Pendapa Kabupaten Pati, Jumat (14/01/2022).

Kirab dengan rute mulai dari Kecamatan Margoyoso, Pati; Kecamatan Tayu, Pati; dan masuk Jepara melalui Kecamatan Keling.

PeSOnas merupakan kompetisi olahraga bagi olahraga bagi atlet-atlet bertalenta khusus atau tunagrahita dari seluruh Indonesia. Kejuaraan ini diselenggarakan oleh Special Olympics Nasional (SOina). SOina merupakan organisasi yang melayani anak bertalenta khusus (disabilitas intelektual) agar dapat menggali potensinya dibidang olahraga maupun non olahraga.

Sebelum obor tersebut diterima oleh Dian Kristiandi, tari Gambyong, disajikan oleh lima penari dari sanggar Nagallery Art. Berikutnya persembahan tarian Jaran Kepang dari siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) berprestasi. Lalu penari dari Sanggar Pandu menampilkan tari Sesonderan.

Dian Kristiandi sangat bersemangat menerima dan meneruskan estafet obor tersebut. Andi menyebut jika PeSOnas merupakan ajang untuk mereka berprestasi, sekaligus penyemangat agar terus berekspresi

“Di Jepara tidak ada lagi ada kata diskriminasi kepada mereka. Mereka harus terus mendapat dorongan dan lebih diperhatikan. Karena anak bertalenta khusus mempunyai kesempatan yang sama,” kata Bupati Andi.

Bupati menambahkan, jika pihaknya akan terus mendoorng para orang tua untuk lebih peduli pada anaknya yang berkebutuhan khusus. “Nanti kita akan sosialisasikan terus dan kita dorong agar para orang tua lebih peduli,” jelasnya.

Obor PeSOnas ini akan diistirahatkan di Pendopo Kartini selama beberapa hari ke depan. Setelah itu melanjutkan perjalanan menuju Kudus pada Selasa, 18 Januari nanti. Selama berada di Jepara, anak-anak bertalenta khusus akan diajak mengekspresikan diri. Baik melalui seni dan budaya, maupun hal menarik lainnya. (BP/wan)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: