Launching Tuntas Vaksin, Pekalongan Selatan Targetkan 12 Ribu Warga Tervaksin

BERITAPANTURA.id, KOTA PEKALONGAN – Pemerintah Kota Pekalongan melakukan beragam cara agar masyarakat antusias mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. Salah satu strategi yang dilakukan adalah menggandeng CSR melalui Giat Tuntas Vaksin Pekalongan Selatan berhadiah 1 unit Sepeda Motor Yamaha Gear 125 yang digelar di sejumlah titik lokasi gerai vaksin di wilayah Kecamatan Pekalongan Selatan.

Launching Tuntas Vaksin Pekalongan Selatan yang dibuka secara simbolis oleh Wakil Walikota Pekalongan, Salahudin menargetkan 12 ribu warga Kecamatan Pekalongan Selatan tervaksin, berlangsung di Kelurahan Sokoduwet RW 6, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, Selasa (11/01/2022).

Wakil Walikota Pekalongan, Salahudin membuka Launching Tuntas Vaksin Pekalongan Selatan di Kelurahan Sokoduwet RW 6, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, Selasa (11/01/2022). (Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan)

Wakil Walikota Pekalongan, Salahudin mengapresiasi atas terselenggaranya upaya Kecamatan Pekalongan Selatan menggenjot cakupan vaksinasi di Kota Pekalongan melalui giat Tuntas Vaksin pada hari ini.

Salahudin menyebutkan, sudah lebih dari 300 orang warga Kota Pekalongan meninggal akibat Covid-19. Oleh sebab itu, pihaknya meminta kepada warganya untuk turut berpartisipasi menyukseskan pelaksanaan vaksinasi sebagai salah satu ikhtiar untuk mencegah penularan Covid-19.

“Alhamdulillah untuk dosis 1 sudah lebih dari 95 persen kita akan tuntaskan, dosis 2 66 persen, sementara vaksinasi untuk lansia ini yang perlu ditambah, dengan partisipasi CSR yang memberikan hadiah 1 buah motor ini paling tidak bisa meningkatkan antusias warga yang belum divaksin untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 ini,” ucap Salahudin.

Salahudin mengajak warga Kota Pekalongan untuk bersama-sama membantu pemerintah menekan bahaya penularan Covid-19 melalui vaksinasi. Terlebih, sejumlah fasilitas dan akses pelayanan kepada masyarakat sudah mempersyaratkan warga untuk harus divaksin seperti pada saat penyaluran bansos, masuk ke pusat perbelanjaan hingga syarat Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah-sekolah.

“Mumpung vaksin ini masih gratis, ayo semua ikut vaksin, apalagi banyak pelayanan kepada masyarakat yang disyaratkan harus vaksin. Biar hati kita tetap tenang saat beraktivitas dan selalu sehat,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Pekalongan Selatan, Rusmani Budiharjo menjelaskan bahwa, saat ini di Kecamatan Pekalongan Selatan sendiri tersisa masih ada sekitar 12 ribu warga yang belum tervaksin. Sehingga, dengan koordinasi bersama Forkopincam dan UPT layanan kesehatan setempat, tercetus melakukan giat serbuan vaksinasi bertajuk Tuntas Vaksin Pekalongan Selatan untuk mengakomodir warga yang belum divaksin tersebut.

Dalam giat Tuntas Vaksin yang dilaksanakan mulai tanggal 10-22 Januari 2022 ini menyediakan grand prize 1 unit sepeda motor Yamaha dan doorprize menarik lainnya yakni 15 ekor ayam dan beras 2,5 kg beras yang disiapkan oleh panitia. 

“Dengan harapan bisa meningkatkan animo warga kami untuk divaksin. Dari pihak kelurahan juga memberikan hadiah tambahan 15 ekor ayam dan 2,5 kg beras (khusus lansia), sementara grand prize sepeda motor akan diundi pada tanggal 23 Januari 2022 mendatang,” terang Rusmani.

Menurutnya, lanjut dia, warga Kecamatan Pekalongan Selatan yang belum divaksin baik dosis 1 maupun dosis 2 bisa langsung mendatangi sejumlah lokasi vaksinasi di Kecamatan Pekalongan Selatan diantaranya di RW 6 Sokoduwet pada tanggal 11-12 Januari 2022, tanggal 14-15 Januari di Balai Kelurahan Banyurip, tanggal 17-18 Januari di Gedung Baru Puskesmas Jenggot, dan kelurahan-kelurahan maupun 3 puskesmas yang ada di Kecamatan Pekalongan Selatan setiap harinya sesuai dengan jadwal koordinasi UPT layanan kesehatan di wilayahnya masing-masing.

“Usai disuntik vaksin, warga kami akan mendapatkan 1 kupon untuk bisa menulis identitas data diri dan dikumpulkan ke panitia untuk nantinya bisa diundi. Dalam percepatan cakupan vaksinasi ini, kami juga memberikan layanan jemput bola di satu RW yang ada di wilayah Dukuh Kanyaran, Pekalongan Selatan dengan menyiapkan mobil patroli untuk menjemput warga kesini,” tandasnya. (BP/dian)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: