Ramah Disabilitas, Jepara Segera Bentuk Kepengurusan SOina

BERITAPANTURA.idJEPARA – Kabupaten Jepara dalam waktu dekat ini akan segera membentuk kepengurusan Special Olympics Indonesia (SOina). Hal ini disampaikan oleh Bupati Jepara Dian kristiandi saat menerima Ketua Pengurus Daerah (Pengda) SOina Jawa Tengah Kristijani Kirana beserta rombongan di ruang kerja Bupati, Selasa (11/1/2022).

SOina merupakan organisasi yang melayani anak bertalenta khusus (disabilitas intelektual) agar dapat menggali potensinya dibidang olahraga maupun non olahraga.

Bupati Jepara Dian kristiandi saat menerima Ketua Pengurus Daerah (Pengda) SOina Jawa Tengah Kristijani Kirana beserta rombongan di ruang kerja Bupati, Selasa (11/1/2022). (Dok : Foto Diskominfo Jepara)

Soina menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga sepanjang tahun bagi wargaTunagrahita, memberikan kesempatan yang berkesinambungan untuk membentuk fisik yang sehat, menunjukkan keberanian, merasakan kebahagiaan dan memperlihatkan kemampuan, keahlian dan persahabatan dengan keluarganya, atlet Special Olympics.

SOina merupakan satu-satunya organisasi di Indonesia yang mendapat akreditasi dari Special Olympics International (SOI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga bagi warga Tunagrahita di Indonesia. Organisasi ini mempunyai visi memberikan kesempatan bagi warga Tunagrahita untuk menjadi orang yang berguna dan produktif serta dapat diterima dan dihargai sebagai bagian dari masyarakat melalui olahraga.

“Dalam waktu segera akan kita bentuk kepengurusan SOina di Jepara,” kata Bupati Andi.

Andi pun bahkan bersedia untuk memimpin langsung organisasi yang melayani anak bertalenta khusus (disabilitas intelektual). Hal itu sebagai bentuk kepedualian terhadap keberadaan penyandang tunagrahita yang ada di kota ukir.

“Jika di daerah-daerah lain, SOina dipimpin oleh istri Bupati, maka di Jepara jika diperbolehkan saya sendiri yang akan memimpinnya,” tegas Andi.

Silaturahmi Pengda SOina Jawa Tengah ke Jepara dalam rangka sosialisasi pekan Special Olympics Nasional (PeSOnas) tahun 2022 yang diselenggarakan di Semarang. Pada 15 Januari 202 mendatang estafet api abadi akan singgah di Kabupaten Jepara setelah sebelumnya singgah di Pati.

PeSonas Jateng 2022 akan diselenggarakan pada Juli 2022. Diperkirakan lebih dari 2 ribu atlet akan mengikuti ajang ini. (BP/xpo)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: