Terima Bantuan Kambing Dari Baznas Jepara, Samain Kini Bisa Beternak Kembali

BERITAPANTURA.idJEPARA – Samain, warga RT 4 RW 1 Desa Tanjung Kecamatan Pakis Aji, terlihat bahagia menyambut kedatangan rombongan dari pemerintah dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jepara, Selasa (4/1/2022). Saat itu, dia tengah duduk di depan rumah papan yang sangat sederhana, bersama istri dan anaknya. Pasalnya, rombongan itu datang ke rumah Samain untuk menyerahkan bantuan seekor kambing.

“Alhamdulillah, tadi dikabari akan dapat bantuan kambing dari pak Bupati. Senang sekali,” kata Samain.

Rombongan datang ke rumah Samain untuk menyerahkan bantuan seekor kambing pada warga RT 4 RW 1 Desa Tanjung Kecamatan Pakis Aji tersebut. (Dok : Foto Diskominfo Jepara)

Samain mengaku, sebelumnya pernah memiliki ternak kambing, namun karena terdesak kebutuhan, ternaknya sudah habis terjual. Dengan bantuan seekor kambing tersebut, Samain berharap bisa mengawali usaha ternaknya lagi. Bahkan, ia sudah menyiapkan kandang di belakang rumah. Harapannya, kambing itu akan berkembang lebih banyak untuk membantu kehidupan keluarganya.

“Akan saya rawat dengan sebaik-baiknya. Agar bertambah banyak. Untuk makanan kambing, di sini banyak sekali,” kata dia.

Diketahui, Samain merupakan yang kurang mampu. Kondisi fisiknya memang tidak memungkinkan untuk bekerja berat. Selama ini, ia bekerja serabutan dengan penghasilan sekitar Rp100 ribu hingga Rp150 ribu setiap minggunya.

Selain Samain, ada sembilan Kepala Keluarga (KK) lainnya di Kecamatan Pakis Aji, yang juga mendapatkan bantuan zakat produktif berupa kambing dari Baznas. Selain itu, ada warga yang mendapatkan bantuan gerobak angkringan, gerobak roti bakar, alat pemotong keripik, serta tambahan modal usaha. Total ada 15 KK di Kecamatan Pakis Aji, yang mendapat bantuan tersebut.

Asisten I Sekda Jepara Dwi Riyanto berharap, para penerima zakat produktif, khususnya yang menerima bantuan ternak kambing, untuk tidak dijual. Akan tetapi dikembangkan agar jumlahnya bisa bertambah.

“Saya berharap bantuan yang sudah diterima ini, bisa dijaga, dan dirawat dengan sebaik-baiknya,” kata Dwi usai menyerahkan bantuan tersebut.

Ketua Baznas Kabupaten Jepara Sholih mengatakan, bantuan yang diberikan untuk penerima zakat ini berasal dari zakat Aparatur Sipil Negara (ASN), sebesar 2,5 persen setiap bulannya. Harapannya, amanah yang diberikan ini bisa benar-benar tepat sasaran dan memberikan manfaat.

“Kalau di sini, selain untuk modal usaha, ternak kambing, gerobak, juga ada yang dibantu alat mesin jahit. Ini disesuaikan kebutuhan mereka,” kata dia.

Usai menyerahkan zakat produktif di Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, rombongan memberikan bantuan zakat produktif untuk 15 KK warga Desa Jugo, Kecamatan Donorojo. (BP/xpo)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: