Awal Tahun, BDC Batang Jadi Pilihan Warga Berwisata

BERITAPANTURA.id, BATANG – Pada momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini Pemerintah Kabupaten Batang telah mengizinkan sejumlah obyek wisata untuk tetap buka.

Kesempatan itu pun tak disia-siakan masyarakat untuk memanfaatkan waktu libur mereka untuk mengunjungi wisata. Salah satunya di Batang Dolphin Center (BDC) yang dijadikan pilihan untuk berwisata.

Batang Dolphin Center (BDC). (Foto: Diskominfo Batang)

Pada masa pandemi, memakai masker menjadi syarat utama saat berwisata di BDC. Tak hanya itu, pengunjung juga diminta untuk menggunakan aplikasi Pedulilindungi.

BDC merupakan salah satu unit Taman Safari Indonesia di Kabupaten Batang. Lokasinya cukup terjangkau karena terletak di kawasan Pantai Sigandu, sekitar 2 kilomater utara dari Alun-alun Kabupaten Batang

BDC akan mengajak pengunjung untuk mengenal kehidupan satwa di habitat aslinya. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat pertunjukan lumba-lumba dan aneka satwa dengan mengangkat alur cerita.

Pengunjung rata-rata datang bersama keluarga. Para orang tua terlihat asyik mengenalkan satwa-satwa yang ada pada anaknya.

Salah satunya Syarifudin yang sengaja datang dari Pekalongan mengajak anak dan istrinya.

“Karena mumpung libur dan wisata juga dibuka, jadi dimanfaatkan momen ini untuk ajak anak istri jalan-jalan wisata, paling tidak sedikit refreshing karema selama pandemi seringnya di rumah, apalagi anak senang sekali dengan hewan,” katanya saat ditemui di BDC, Kabupaten Batang, Sabtu (01/01/2022).

Sementara itu, Manajer Operasional BDC Oktavianus Bagus Danu Wijaya mengatakan pihaknya tidak menyangka bahwa pada libur awal tahun ini banyak didatangi wisatawan.

“Mungkin ini hadiah awal tahun ya, kebetulan di sini banyak pengunjung yang datang dan di luar dugaan kami, karena biasanya paling hanya 1000 sampai 1.500an ini, 2 ribu lebih,” tuturnya.

Menurutnya, animo masyarakat untuk berwisata di momen libur awal tahun hari ini karena pada malam tahun baru dilanda hujan dan menuruti imbauan pemerintah untuk di rumah saja.

“Mungkin karena tadi malam tidak keluar mereka mengikuti prokes untuk di rumah saja pada saat malam tahun baru apalagi semalam hujan, sehingga mungkin esok harinya mereka berpiknik ke tempat wisata yang memang diperbolehkan untuk buka,” jelasnya.

Meski terlihat ramai, lanjut dia, area wisata BDC masih bisa sesuai dengan kapasitas yang diterapkan dengan prokes atau tidak berkerumun.

“Untuk kapasitas di BDC sendiri bisa sampai 5 ribuan, pengunjung yang datang sekitar 2.500an, sehingga ini masih cukup aman,” ujar dia.

Agar tidak menimbulkan kerumunan, pada saat show satwa dan lumba lumba pihaknya pun memberikan tambahan sesi.

“Pengaturan tetap prokes yang sudah ditetapkan yaitu 25 persen untuk show lumba-lumba dan satwa, jadi kami berikan tambahan sesi yang biasanya 3 kali, ini kemungkinan bisa 6 kali melihat kebutuhan pengunjung yang datang,” imbuhnya. (BP/wan)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: