Ketua DPRD : Pendidikan Menjadi Faktor Terpenting Dalam Pembangunan

BERITAPANTURA.idDEMAK – Pendidikan  merupakan salah satu faktor terpenting dalam pembangunan berkelanjutan. Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Demak, Fahrudin Bisri Slamet (FBS) saat menyampaikan materinya sebagai keynote speaker dalam acara FGD (Focuss Group Discussion) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak di gedung Gedung Bina Praja.

“Dalam program ONE SCHOOL ONE INNOVATION yang telah dicanangkan beberapa waktu, menunjukkan tentang pentingnya pendidikan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan,” kata FBS, sapaan akrabnya.

Ketua DPRD Kabupaten Demak, Fahrudin Bisri Slamet saat menyampaikan materinya dalam acara FGD (Focuss Group Discussion) yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak di gedung Gedung Bina Praja. (Foto: Diskominfo Demak)

FBS mengatakan jika kemajuan pendidikan dikesampingkan maka akan menimbulkan hasil fatal pada pembangunan berkelanjutan. Namun bila mampu menyelesaikannya, pastinya akan terwujud Kabupaten Demak yang Bermartabat, Maju dan Sejahtera.

Dijelaskan, lanjut dia, sebagaimana tercantum dalam APBD tahun 2021, bahwa DPRD Kabupaten Demak telah melaksanakan fungsinya bersama Bupati, mengalokasikan anggaran 20% APBD untuk sektor Pendidikan, sebagai amanat Undang- Undang Sisdiknas nomor 20 tahun 2003 serta Perda Pendidikan Kabupaten Demak Nomor 11 tahun 2020.

Adapun agar pembangunan sarana pendidikan bisa merata dengan prinsip berkeadilan, maka perlu Database sarpras sekolah/ Madrasah.

“Supaya teman-teman anggota dewan di 5 dapil bisa mewujudkan pembangunan bidang pendidikan yg adil merata, maka sudah saatnya Dinas Pendidikan membuat Database Sarpras untuk semua jenjang sekolah dan Madrasah, yang bisa dipantau oleh semua pihak. Sehingga ada transparansi dan ketepatan pengadaan sarpras,” ujarnya.

FBS menambahkan yang tak kalah penting adalah, pastikan tidak ada transaksi dua belah pihak dalam penentuan pemberian Sarpras Sekolah/ Madrasah. Sebab hal itu termasuk bagian dari perilaku Koruptif.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupat Demak Eisti’anah dan Wakil Bupati Ali Makhsun, Sekda Demak dan Asisten I, Kepala Kemenag, Ketua PGSI dan PGRI serta jajaran kepala UPTD Dikbud  seKabupaten Demak. (BP/wan)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: