Pelatihan Pembina Pramuka Tingkat Jateng Digelar di Jepara

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Kabupaten Jepara terpilih menjadi tuan rumah kursus pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar Kwartir Daerah Jawa Tengah. Kegiatan digelar mulai Senin, 27 hingga Jumat, 31 Desember 2021 di Bumi Perkemahan Pakis Adhi, Desa Suwawal Timur, Kecamatan Pakis Aji.

Bupati Jepara Dian Kristiandi selaku Ketua Mabicab Jepara didampingi Ketua Kwarcab Jepara Hesti Nugroho, membuka acara tersebut. Hadir juga Wakil Ketua Bidang Pembina Anggota Dewasa (Wakabinawasa) Jateng Kartono dan tim pelatih Pusdiklatda Kwarda Jateng.

Bupati Jepara Dian Kristiandi selaku Ketua Mabicab Jepara didampingi Ketua Kwarcab Jepara Hesti Nugroho saat membuka Pelatihan Pembina Pramuka di Bumi Perkemahan Pakis Adhi, Desa Suwawal Timur, Kecamatan Pakis Aji, Senin (27/12/2021). (Foto: Diskominfo Jepara)

Wakabinawasa Kwarcab Jepara Nurul Aini dalam paparannya, mengatakan kegiatan ini digelar dalam rangka untuk memenuhi kekurangan jumlah pelatih pembina pramuka di Kwarcab Jepara, serta daerah lain.

Pelatihan diikuti 42 peserta, tidak hanya mereka yang berasal dari Jepara, tapi juga dari Kabupaten lain seperti Banyumas, Cilacap, Magelang, Kudus, Salatiga (Jawa Tengah), juga dari Depok, Kuningan (Jawa Barat), dan Tangerang (Banten). Selain itu, juga ada peserta dari Batam, Provinsi Kepulauan Riau dan Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur.

“Menarik dalam pelatihan ini tidak hanya mereka yang datang dari Pulau Jawa, tapi juga dari luar pulau,” ujar Nurul Aini.

Sementara Bupati Jepara Dian Kristiandi menyampaikan, kegiatan kursus pelatih dasar ini akan meluluskan pelatih yang memiliki kredibilitas tinggi, kualitas mumpuni, dan loyal untuk mengembangkan Gerakan Pramuka yang lebih maju. Ini sekaligus meneguhkan komitmen dalam mempercepat gerakan revitalisasi Pramuka.

Andi, sapaan akrabnya, juga mengucapkan terima kasih kepada Kwarda Jateng yang telah memilih Jepara menjadi tuan rumah kegiatan pelatihan pembina Pramuka ini. Tentu banyak daerah lain yang menginginkan untuk bisa menjadi tuan rumah.

Sebagai kehormatan kepada mereka yang sudah datang jauh dari daerah masing-masing, Andi berharap mereka juga diajak untuk berkeliling menikmati keindahan objek wisata yang ada di Kabupaten Jepara.

“Setelah kegiatan ini saya minta untuk difasilitasi, mereka agar berkeliling melihat keindahan alam yang ada di Jepara,” ucapnya. (BP/xpo)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: