ASN di Brebes Diharapakan Sisihkan Zakat 2,5 Persen Setiap Bulannya

BERITAPANTURA.id, BREBES – Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Brebes diharapkan bisa menyisihkan zakatnya sebanyak 2,5 persen dari penghasilan yang dimiliki tiap bulannya. Zakat tersebut hendaknya disalurkan ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Brebes sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat Kabupaten Brebes.

Harapan tersebut disampaikan Ketua Dewan Pengurus Cabang KORPRI Kabupaten Brebes Djoko Gunawan saat upacara di HUT ke-50 Korpri di Pendopo Bupati, Senin (29/11/2021).

Ketua Dewan Pengurus Cabang KORPRI Kabupaten Brebes Djoko Gunawan saat upacara di HUT ke-50 Korpri di Pendopo Bupati, Senin (29/11/2021). (Foto: Diskominfo Brebes)

Kata Djoko, selama ini ASN sudah menyalurkan zakatnya sebesar 1 persen dari penghasilannya tiap bulan kepada Baznas Brebes. Sebanyak 7.500 ASN sudah berpartisipasi dan diharapkan pada tahun 2022 bisa meningkat menjadi 2,5 persen.

Selama ini ASN, kata Djoko, menjadi andalan Baznas Kabupaten Brebes sehingga bisa memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat Brebes.

Ketua Baznas Kabupaten Brebes Abdul Haris menjelaskan, saat peringatan HUT ke-50 Korpri, Baznas Kabupaten Brebes menyerahkan bantuan 1 buah sepeda kepada Siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Brebes Dimas Saputra.

Kemudian, bantuan pendidikan untuk 5 orang santri Pondok Pesantren Tanwirul Qulub Saditan Brebes masing-masing sebesar Rp 500 ribu. Juga diserahkan 14 Jamban Sehat dan 32 Septi Tank untuk Desa Padasugih, Brebes.

Abdul Haris mengaku senang dan siap menampung serta mentasyarufkan zakat dari ASN. Dan hingga akhir Oktober telah terkumpul Zakat, Infak dan Sodaqoh yang terkumpul di Baznas Brebes sebesar Rp 3,6 Miliar dan sudah ditasyarufkan sebanyak Rp 3 Miliar.

Haris mengakui, selama ini penyumbang terbanyak berasal dari ASN dan selebihnya dari petani, pedagang dan lainnya.

Melalui program Baznas Produktif, Baznas Brebes telah menyelenggarakan berbagai kegiatan produktif. Utamanya bagi warga desa yang masuk dalam ketegori kemiskinan ekstrem. Warga setempat dilatih pembuatan kue dan sablon yang nantinya bisa menjadi bekal untuk lebih produktif dalam kehidupannya.

Dalam waktu dekat, lanjutnya, Baznas juga akan membangun Rumah Sehat Baznas (RSB) di Kabupaten Brebes. Tanah sudah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Brebes sedangkan pembangunan gedung akan dibiayai oleh Baznas Pusat.

“Mudah-mudahan pada bulan Desember 2021 bisa dilakukan peletakan batu pertama, sehingga RSB bisa terwujud,” pungkasnya. (BP/wan)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: