Ada 8 Kecamatan di Rembang Masuk Rencana Jalan Tol Demak-Tuban

BERITAPANTURA.idREMBANG – Pembangunan jalan tol di Kabupaten Rembang terus dibahas. Terbaru telah muncul delapan kecamatan dan puluhan desa yang rencananya bakal dilalui jalan tol Demak-Tuban.

Sumber Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rembang membenarkan pembahasan rencana jalan tol di Rembang digelar beberapa pekan lalu via virtual. Selain Bappeda juga ada unsur kecamatan yang ikut serta pada pembahasan tersebut.

Kabupaten Rembang siap-siap bakal dilalui jalan tol Demak-Tuban. (Dok : Foto Istw)

Kepala Bappeda Kabupaten Rembang Dwi Wahyuni saat dikonfirmasi terkait rencana jalan tol Demak-Tuban mengaku sudah lama direncanakan. Terlebih tol laut Demak sudah selesai.

“Rembang baru pertama lebih dari sebulan yang lalu. Tahu-tahu sudah mengerucut sampai kecamatan dan desanya. Tapi juga belum final. Karena konsultan belum pernah ketemu dengan kita,” jelasnya saat di konfirmasi Jawa Pos Radar Kudus beberapa waktu lalu.

Ia mengakui jika desa dan kecamatan yang muncul yang menentukan dari pihak konsultan. Hal itu didasari pertimbangan-pertimbangan.

“Kala itu juga pernah ditanyakan, kenapa tidak geser ke arah selatan? Dipaparkan jawaban dan pertimbangan. Jalur selatan merupakan kawasan hutan. Alasan menghindari itu dipaparkan. Konsultan sudah mempertimbangkan itu sesar Lasem. Ada patahan- patahan,” ujarnya.

Selanjutnya, Bappeda akan membahas bersama-sama dengan pihak-pihak terkait. “Ini program nasional. Wajib disepakati. Kayak tahun yang lalu. Usulan dari awal, Musrembang secara normatif. Kalau Pati meminta jalan kereta api. Disepakati dan dibahas, termasuk jalan tol. Kemarin dicek ini saja,” katanya.

Ia menambahkan dalam rapat yang dipimpin Dra Peni Rahayu MSi, Asisten II Sekretaris Daerah Jateng hanya pengecekan. Betul atau tidaknya. Selanjutnya daerah sebatas memberi masukan-masukan.

“Kembali lagi daerah sejauh ini belum tahu. Termasuk titik-titiknya. Karena desainnya masih memungkinkan berubah-ubah. Nanti ada pembahasan,” ujarnya sembari menyebutkan jika saat ini pihaknya hanya sebatas mempersiapkan diri.

Delapan Kecamatan di Kabupaten Rembang Masuk Rencana Trase Jalan Tol Demak-Tuban :

Kecamatan Kaliori : Desa Meteseh, Wiroto, Sidomulyo, Banggi, Pengkol, Kuangsan, Gunungsari, Sendangagung
Kecamatan Sumber : Desa Bogorejo
Kecamatan Sulang, desa Pragu.
Kecamatan Rembang Kota : Desa Ngadem, Mondoteko, Kedungrejo, Turusgede, Kumendung, Sridadi.
Kecamatan Pamotan : Desa Ketangi, Sendangagung, Gegersimo, Japerejo, Ringin, Sidorejo, Pamotan, Tegalrejo, Bangunrejo.
Kecamatan Pancur : Desa
Kecamatan Sedan : Desa Pacing, Karas, Sidomulyo, Sidorejo, Karangasem.
Kecamatan Sarang : Desa Gilis, Pelang, Lambangan, Bonjor, Sampung, Tawangrejo. (BP/xpo)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: