Dinas Pertanian dan Pangan Kendal Gelar Lomba Guna Tingkatkan Hasil Pertenakan

BERITAPANTURA.id, KENDAL – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal menggelar lomba pemilihan ternak sapi betina produktif dan kambing PE (Peranakan Etawa) pejantan di Pasar hewan Sukorejo, Rabu (17/11/2021).

Kegiatan itu diikuti oleh para peternak sapi dan kambing yang berasal dari Kecamatan Sukorejo, Patean, Plantungan, Pageruyung, Singorojo, Boja, Kaliwungu, Pegandon, Patebon, Ringinarum, Rowosari dan peternak di Kecamatan Weleri.

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal menggelar lomba pemilihan ternak sapi betina produktif dan kambing PE (Peranakan Etawa) pejantan di Pasar hewan Sukorejo, Rabu (17/11/2021). (Foto: Diskominfo Kendal)

Disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kendal, Pandu Rapriat bahwa ada 40 ekor sapi betina dan 40 ekor kambing etawa yang dilombakan. Dalam acara lomba menghadirkan dewan juri dari Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Undip, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, dan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (BPTP) Jawa Tengah.

Pandu menjelaskan, penilaian dewan juri fokus pada produktifitas dan kondisi reproduksi hewan ternak, dan memutuskan pada kategori Sapi Betina Produktif dimenangkan oleh Muchamadun dari Singorojo. Sedangkan kategori Kambing Peranakan Etawa dimenangkan oleh Muhammad Nurudin dari Gubugsari Pegandon.

Pandu Rapriat juga berharap, dengan digelarnya lomba ini nantinya dapat memotivasi para peternak sapi maupun kambing di Kabupaten Kendal.

“Harapanya agar para peternak ini termotivasi untuk lebih baik lagi dalam mengembangkan usahanya, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari sektor peternakan dan pertanian di Kabupaten Kendal,” kata Pandu. (BP/wan)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: