Kemkominfo Terapkan Digitalisasi Panen Udang di Pemalang

BERITAPANTURA.id, PEMALANG – Mewakili Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, Sekda M Arifin membuka acara Panen Petambak Digital di lapangan wisata pantai Joko Tingkir Kecamatan Petarukan, Selasa (16/11/2021).

Hadir dalam acara tersebut Koordinator Inisiatif Digital Sektor Strategis I Kemenkominfo RI Wijayanto dan Kepala Dinas Perikanan Pemalang Suharto.

Sekda M Arifin usai membuka acara Panen Petambak Digital di lapangan wisata pantai Joko Tingkir Kecamatan Petarukan, Selasa (16/11/2021). (Foto: Diskominfo Pemalang)

Dalam sambutanya secara virtual Dirjen Aplikasi Informatika Samuel Abrijani Pangarepan mengatakan bahwa Reset Word Bank tahun 2021 menyebutkan bahwa Indonesia memiliki sektor perikanan terbesar kedua di dunia dengan nilai PBB pada tahun 2019 mencapai 27 miliar US Dollar Ini membuka 7 juta lapangan pekerjaan dan dinilai mampu memenuhi lebih dari 50% kebutuhan protein hewani nasional.

Hal ini berpotensi untuk ditingkatkan lagi dengan manajemen perikanan yang lebih efektif efisien salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi yang sekarang sudah sangat berkembang termasuk teknologi digital perikanan seperti E-Monitor dan Data Given Forming.

Ia yakin beberapa teknologi ini sudah diterapkan oleh rekan – rekan petambak, dorongan pemanfaatan teknologi ini pada Tahun 2020 BPS melaporkan bahwa perikanan, pertanian, Kehutanan adalah salah satu sektor yang menunjukkan kinerja positif naik 1,75% walaupun kita sedang dilanda pandemi Covid 19.

Kondisi ini seharusnya bisa menunjukkan optimisme bagi kita untuk meningkatkan teknologi produktivitas dan efisiensi masyarakat guna untuk memenuhi konsumsi masyarakat untuk membantu percepatan adopsi di bidang perikanan. Kementerian Kominfo memiliki program petani dan nelayan go-online di mana petani dan nelayan difasilitasi untuk dapat memanfaatkan aplikasi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Dalam pelaksanaannya, program ini didukung oleh Pandu digital sektor petani dan nelayan dimana Kementerian Kominfo menyelenggarakan training of trainer kepada petani dan nelayan lokal, harapannya Pandu digital ini dapat memberikan penyuluhan bagi petani dan nelayan di daerahnya sehingga para petani dan nelayan di daerah tersebut mampu memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi sebagai penunjang produktivitas.

Apresiasi sebesar–besarnya kami berikan kepada seluruh pihak yang sudah mendukung program panen petambak digital. Hingga hari ini kita bisa melaksanakan kurva of konsep untuk mengetahui arah petani kita lebih lanjut supaya dapat meningkatkan sektor perikanan kita, besar harapan kami program ini benar–benar dapat dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia sebagai wujud komitmen kita semua dalam membantu pemerataan akses dan adopsi terhadap teknologi digital di sektor perikanan.

Dalam sambutan bupati yg dibacakan sekda M Arifin bupati mengucapkan terimakasih karena telah menjadikan Pemalang sebagai obyek dan tempat pelaksanaan program petambak digital ini. Program ini akan memberikan manfaat serta dampak yang siginifikan terhadap peningkatan kualitas dan kuantitas produksi para petambak udang di Kabupaten Pemalang.

Meningkatnya kualitas produksi sektor perikanan, terutama sektor usaha tambak udang di Pemalang, tentu merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin secepatnya Pemerintah Kabupaten Pemalang wujudkan. Dengan dukungan Kemenkominfo, KKP serta Jala Tech lewat program petambak digital.

Prinsipnya, Pemkab Pemalang akan selalu mendukung berbagai program dan kegiatan yang membawa dampak positif bagi kemajuan sektor perikanan di seluruh wilayah Kabupaten Pemalang. Di era Industri 4.0 (four point zero) seperti sekarang, dimana berbagai sektor usaha sedang gencar-gencarnya mengaplikasikan teknologi informasi/digitalisasi demi meningkatkan hasil produksi, memperluas pasar serta melakukan penghematan pada biaya operasional.

Sejalan dengan itu, sangatlah tepat kiranya jika sektor perikanan, terutama perikanan tambak agar mulai menggunakan teknologi untuk membantu proses produksi dan meningkatkan hasil produksinya.

Kami berharap program ini ada banyak manfaat dan kemudahan yang Bapak dan Ibu rasakan dari kehadiran program ini, sehingga ke depan daerah dapat merasakan dampak keberhasilan program petambak digital, terutama dalam mendukung cita-cita Kabupaten Pemalang menjadi daerah yang Aman (Adil, Makmur, Agamis dan Ngangeni). (BP/wan)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: