Raperda Retribusi Jasa Usaha Digedok DPRD Batang

BERITAPANTURA.idBATANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Kabupaten Batang menyetujui raperda tentang retribusi jasa usaha. Kesepakatan ini terungkap dalam rapat paripurna DPRD bersama Pemkab Batang.

“Karena retribusi berkaitan dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang mempunyai peranan penting dalam menggerakkan roda pembangunan Kabupaten Batang sehingga Pemerintah Daerah bisa mandiri secara keuangan,” kata Wakil Bupati Batang Suyono usai paripurna, Senin (15/11/2021).

Suasana rapat paripurna DPRD bersama Pemkab Batang., Senin (15/11/2021). (Foto: Diskominfo Batang)

Dijelaskannya, retribusi merupakan salah satu komponen dari PAD yang perlu dioptimalkan pemungutannya agar dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat khususnya untuk pelayanan yang tidak disediakan oleh swasta.

“Atas inisiatif DPRD Kabupaten Batang untuk mengubah perda nomor 21 tahun 2021 ini agar ada perubahan retribusi pada tempat rekreasi dan olahraga, sedangkan 6 jenis retribusi jasa usaha lainnya belum ada evaluasi atau perubahan,” terangnya.

Raperda, lanjut dia, berkembang dengan mengevaluasi secara menyeluruh untuk semua jenis retribusi jenis usaha baik terkait objek maupun tarif retribusi dalam rangka peningkatan PAD Kabupaten Batang.

Diharapkan, Gubernur Jawa Tengah menindaklanjuti evaluasi, sehingga Raperda ini dapat segera ditetapkan  menjadi peraturan daerah. (BP/mif)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: