Pusdataru Jateng dan Pemkab Kendal Gelar Rapat Normalisasi Sungai

BERITAPANTURA.id, KENDAL – Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Pusdataru) Provinsi Jawa Tengah bersama Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Kendal mengadakan Rapat Persiapan Pembersihan Eceng Gondok di Alur Sungai Buntu Kelurahan Langenharjo di Kantor Pokla SDA Wilayah Bodri Kabupaten Kendal, Jalan Laut Nomor 3 Kecamatan Kendal, Rabu (10/11/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Seksi Banjir dan Peralatan Dinas Pusdataru Provinsi Jawa Tengah, Azwa Anas, Kepala Seksi Jaringan Irigasi DPUPR Kendal, Devi Mierdiannita, Kepala Balai PSDA Bodri Kuto UPTD Dinas Pusdataru Provinsi Jawa Tengah, Kasir.

Dinas Pusdataru Provinsi Jawa Tengah bersama Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Kendal mengadakan Rapat Persiapan Pembersihan Eceng Gondok di Kantor Pokla SDA Wilayah Bodri Kabupaten Kendal, Rabu (10/11/2021). (Foto: Diskominfo Kendal)

Turut hadir dari Dinas Lingkungan Hidup Kendal, BPBD Kendal, Polsek Kendal, Koramil Kendal, UPTD DPUPR Wilayah I Kendal, Camat Kendal, dan Lurah Langenharjo.

Dalam acara itu, Azwa Anas mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk membahas terkait kesiapsiagaan menghadapi musim penghujan.

“Dalam kesempatan ini, bersama dengan Dinas OPD Kendal terkait maupun Dinas Provinsi Jawa Tengah terkait, akan  melakukan pekerjaan darurat, yaitu normalisasi sungai di Kabupaten Kendal membersihkan eceng gondok, agar nantinya tidak terjadi banjir akibat luapan air dari sungai,” ujar Anas.

Selain itu, Anas menjelaskan, normalisasi sungai dilakukan juga untuk memastikan badan air harus mampu menampung debit air.

Pihaknya mengungkapkan, pada kegiatan ini telah disepakati bersama, bahwa pembersihan eceng gondok akan dilaksanakan pada tanggal 15 November 2021 sepanjang 1 KM mulai dari jembatan Perumahan RSS Langenharjo ke utara.

Kepala Seksi Jaringan Irigasi DPUPR Kendal, Devi mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pusdataru Jateng dan semua OPD Kendal yang telibat dalam kegiatan ini, karena pada pembahasan rapat merupakan tindaklanjut pembersihan eceng gondok yang pada bulan lalu sudah dilakukan oleh DPUPR bersama DLH, TNI, Polri dan OPD Kendal lainnya.

Adapun pembagian tugas pada pelaksanaan yaitu, Dinas Pusdataru Provinsi Jateng menyiapkan alat beratnya, dan personel yang membantu penertiban dan pembersian sampah beserta alatnya akan dibantu oleh OPD Kendal terkait. (BP/wan)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: