Peringati Hari Pahlawan, Bupati: Jadikan Pahlawan Sebagai Inspirasi untuk Perangi Kemiskinan

BERITAPANTURA.id, BATANG – Dalam rangka memperingati hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2021, Bupati Batang Wihaji bersama Forkopimda Kabupaten Batang melakukan ziarah ke makam pahlawan Kadilangu Kabupaten Batang, Rabu (10/11/2021).

“Saya selaku unsur Forkopimda mengucapkan selamat hari pahlawan sesuai dari pesan ibu Kementerian Sosial Republik Indonesia menjadikan pahlawan inspirasiku dan pesan selanjutnya jamannya sudah beda karena musuh kita hari ini kemiskinan dan kebodohan,” kata Bupati Batang Wihaji saat ditemui usai ziarah di Taman Makam Pahlawan Kadilangu,

Bupati Batang Wihaji usai melakukan ziarah ke makam pahlawan Kadilangu Kabupaten Batang, Rabu (10/11/2021). (Foto: Diskominfo Batang)

Semoga dengan inspirasi beliau pada jamannya dulu perang melawan penjajah sekarang menjadikan inspirasi kita berjuang untuk melawan kemiskinan dan kebodohan tugas semuanya.

“Pemerintah Kabupaten Batang menangani kemiskinan ada tahap-tahapnya, karena itu universal tetapi yang terpenting bagaimana ukuran angka kemiskinan. Kalau bisa angkanya turun dan semakin turun yang merupakan indikator kemiskinan di Indonesia,” jelasnya.

Memang kondisi Pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia jadi masih fultuatif atau naik turun. Harapannya setelah Covid-19 kita semua berjuang untuk menurunkan angka kemiskinan khususnya di Kabupaten Batang.

Saya juga terima kasih pada Hari Pahlawan ini ada keluarga dari pahlawan yang datang. Padahal anak-anaknya beliau tadi dari berbagai macam daerah kumpul menjadi satu di Kabupaten Batang ingin menengok ayahandanya yang merupakan pahlawan.

“Hal ini juga merupakan inspirasi untuk anak dan cucunya yang mengetahui sejarah simbahnya yang ternyata seorang pejuang untuk bangsa Indonesia dan semoga anak dan cucunya menjadi pahlawan juga dimasa mendatang sesuai bidangnya,” tegasnya.

Sementara Endang Sri Resmiati anak ke-3 dari pahlawan CPM AD pasukan peta, Barisan Keamanan Rakyat (BKR) Sastro Harinto bin kartojowongsorejo dari Blitar mengatakan, saya dari keluarga Sastro harinto bin kartojowongsorejo yang di makamkan di Taman Makam Pahlawan Kadilangu Kabupaten Batang ini.

“Ayah saya ini dulunya anggota TNI CPM AD yang tugasnya keliling daerah sampai putranya Sembilan itu kelahirannya berbeda-beda semua hanya waktu di Irian Jaya saja ibu tidak ikut. Beliau meninggal pada tahun 1993,” ungkapnya. 

Keluarga, lanjut dia, berziarah kesini sudah kami rencanakan karena mengingat anak-anaknya sudah berumur 70 tahun semua jika tidak sekarang kapan lagi dan terakhir kesini pada tahun 2011 sepuluh tahun yang lalu.

“Momen ini sangat penting sekali untuk memberikan anak dan cucu-cucu kami pengetahuan informasi sejarah tentang simbahnya yang menjadi pahlawan pada jaman dulu. Foto-foto kenangan juga masih tersimpan di rumah,” ujar dia.

Diharapkan, pada Peringatan Hari Pahlawan ini menjadi momentum anak dan cucu-cucu kami mengetahui sejarah perjuangan simbahnya untuk memperjuangkan bangsa Indonesia, nantinya anak dan cucu-cucu kami cinta dengan Indonesia. (BP/wan)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: