Linmas Kota Pekalongan Dilatih Jinakkan Hewan Liar

BERITAPANTURA.idKOTA PEKALONGAN – Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekalongan menggelar Edukasi Penanganan Hewan Liar kepada para anggota Linmas di Halaman Kelurahan Kuripan Yosorejo, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, Senin (8/11/2021). Kegiatan ini meningkatkan keterampilan anggota Linmas dalam menangani atau mengevakuasi hewan liar, berbahaya, dan berbisa.

Pelaksana Damkar Satpol PP Kota Pekalongan, Yudha Wijaya Ardiyanto mengungkapkan bahwa pihaknya melaksanakan edukasi penanganan hewan liar khususnya ular untuk para anggota Linmas.

Damkar Kota Pekalongan menggelar Edukasi Penanganan Hewan Liar kepada para anggota Linmas di Halaman Kelurahan Kuripan Yosorejo, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, Senin (8/11/2021). (Foto: Diskominfo Kota Pekalongan)

“Hari ini kami gelar dengan Linmas se-Kecamatan Pekalongan Selatan, selanjutnya akan digelar untuk kecamatan lainnya sampai tanggal 11 November. Besok untuk Kecamatan Pekalongan Timur kami gelar di Kelurahan Kalibaros,” terang Yudha.

Menurut Yudha selama ini terjadi kasus hewan liar atau ular yang masuk ke pemukiman, jadi harapannya nanti tidak hanya menunggu petugas damkar datang tetapi Linmas juga bisa melakukan penanganan mandiri. “Jadi tugas Linmas tak hanya melindungi masyarakat dari hal-hal yang mengancam keselamatan tetapi juga penanganan hewan liar yang masuk ke lingkungannya,” jelas Yudha.

Yudha berharap melalui edukasi penanganan hewan liar ini dapat meningkatkan keterampilan anggota dalam menangani evakuasi hewan liar, berbahaya, dan berbisa.

“Untuk itu, pelatihan ini penting dalam peningkatan pengetahuan dan keterampilan petugas saat melakukan penyelamatan dan evakuasi di lapangan. Sehingga petugas lebih berani dan bisa memberikan penanganan prima secepat mungkin, kata Yudha.

Disebutkan Yudha media edukasi kali ini yakni ular tidak berbisa python reticulatus kecil, ular berbisa menengah boiga dendrophila, ular berbisa tinggi yakni naja sputatrix (cobra jawa) dan trimeresurus albolabris. (BP/mif)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: