BPBD Jepara Gelar Latihan SAR Gabungan, Siapkan Diri Hadapi Potensi Bencana

BERITAPANTURA.idJEPARA – Langkah antisipasi datangnya musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara menggelar Bintek SAR dan Latihan Gabungan. Kegiatan yang dijadwalkan sejak Jumat hingga Minggu (5-7/11/2021) ini, dipusatkan di Hutan Pinusan, Setro Batealit, Kecamatan Batealit.

‘’Bencana alam sering terjadi pada musim penghujan. Kita semua dari berbagai unsur harus berkoordinasi secara lebih baik. Dengan persiapan yang lebih baik, diharapkan penanganannya juga akan lebih baik,’’ kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Jepara Arwin Noor Isdiyanto saat ditemui di pusat pelatihan

Bintek SAR dan Latihan Gabungan yang digelar BPBD Jepara bertempat di hutan pinus Batealit Jepara. (Dok : Foto FPRB Jepara)


Arwin menjelaskan, kegiatan yang dimulai Jumat pagi hingga Minggu sore. Peserta diikuti lebih dari lima puluh orang. Unsurnya antara lain dari BPBD Jepara, PMI, komunikasi radio, serta berbagai organisasi relawan.

Relawan SAR di Jepara dari berbagai unsur, ada yang berasal dari ormas, juga Pramuka. Narasumber pelatihan, selain BPBD, juga Kodim 0719/Jepara, Polres Jepara, Basarnas Pos Jepara, serta Dinas Kesehatan.

Materi pelatihan antara lain meniputi, navigasi darat dan pemetaan, Psikososial bencana (trauma healing), Peran serta masyarakat dan relawan dalam penanggulangan bencana, Manajemen operasi SAR dan Komunikasi SAR, Vertical Rescue dan Teknik Survival, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Vertical Rescue dan PPGD, Teknik Pencarian/ESAR, Penyusunan sekenario dan pembagian petugas simulasi pencarian orang hilang di hutan, Simulasi Pencarian Orang Hlang di Hutan.

Sebelum penutupan, diadakan penanaman bibit tanaman keras (Upaya Pengurangan Risiko Bencana Tanah Longsor).

‘’Kami berharap, peserta dapat mengikuti dan melaksanakan kegiatan dengan maksimal. Melalui Bintek dan Latihan Gabungan ini, sinergitas penanganan bencana akan semakin baik,’’ imbuh Arwin. (BP/xpo)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: