Gerai Vaksin Presisi Polres Pekalongan Kota hadir di Sekolah

BERITAPANTURA.id, PEKALONGAN KOTA – Kepedulian penanganan Covid-19 merupakan bentuk nyata dalam mensosialisasikan dan mendorong masyarakat terkait pentingnya vaksin guna mewujudkan herd imunity.

Berdasarkan tujuan tersebut, Polres Pekalongan Kota, melalui Gerai Vaksin Presisi hadir di MA Hifal Buaran, SDN Gamer 1 dan SMA Hasyim Asy’ari, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Sabtu (06/11/2021).

Gerai Vaksin Presisi Polres Pekalongan Kota di MA Hifal Buaran, SDN Gamer 1 dan SMA Hasyim Asy’ari, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Sabtu (06/11/2021). Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan)

Dalam pelaksanaan vaksinasi ini, Gerai Vaksin Presisi menyediakan dosis 1 dan dosis 2. Untuk vaksin dosis 1 yang dapat dilakukan vaksinasi sebanyak 363 orang, dan 219 orang untuk vaksin Dosis ke 2, sehingga jumlah keseluruhan sebanyak 582 dosis.

Dalam pelaksanaannya, peserta yang akan melaksanakan vaksin mengikuti daftar ulang dilanjutkan dengan proses screening untuk memastikan apakah peserta memiliki riwayat penyakit lain agar bisa dipertimbangkan untuk melanjutkan proses vaksinasi atau tidak.

Setelah proses screening selesai, peserta langsung diarahkan untuk melaksanakan vaksin. Usai divaksin para peserta diminta agar istirahat selama 15 menit untuk menunggu apakah ada reaksi dari vaksin tersebut.

Vaksin Sinovac dipergunakan dalam vaksinasi massal ini. Vaksin disuntikkan kepada para peserta untuk memberikan kekebalan kepada mereka agar tumbuh imunitas yang kuat.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi, melalui Kasi Humas AKP Suparji mengatakan dalam mengadakan kegiatan vaksinasi massal untuk mereka yang belum terfasilitasi vaksin maupun yang akan melaksanakan vaksinasi dosis ke 1 dan ke 2.

“Kedepan Gerai vaksinasi Presisi akan terus melaksanakan vaksinasi dari pintu ke pintu (Door To Door) sehingga akan mempercepat vaksinasi secara Nasional,” ujar AKP Suparji.

Dikatakannya, lanjut dia, dengan banyaknya peserta yang datang untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 berarti animo masyarakat untuk melaksanakan caksinasi cukup tinggi. Vaksinasi membuat tubuh lebih sehat, tidak saja membentengi diri sendiri namun juga memberikan rasa percaya diri saat bertemu dengan orang lain.

“Walaupun vaksin tidak 100 persen mencegah Covid-19, namun ini adalah sarana membentengi agar kekebalan tubuh tetap terjaga. Namun, walaupun sudah divaksin, masyarakat diimbau tetap mematuhi protokol kesehatan,” tandasnya.

Dirinya berharap, setelah herd immunity terbentuk, keterpurukan yang terjadi selama pandemi Covid-19 ini bisa segera hilang dan kembali normal. (BP/wan)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: