Pembatasan di Sejumlah Negara, Jumlah TKI dari Kota Pekalongan Menurun

BERITAPANTURA.id, KOTA PEKALONGAN – Tenaga kerja Indonesia atau yang sekarang disebut dengan pekerja migran Indonesia selama masa pandemi jumlahnya terus menurun untuk wilayah kota Pekalongan.

Kasi Penempatan Kerja pada Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Pekalongan, Heryu menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2021 ini Cuma ada 23 orang yang sudah dipastikan bisa berangkat karena telah menyelesaikan urusan administrasi.

Kantor Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Pekalongan. (Foto: BatikTV)

“Minat masyarakat menjadi tenaga kerja di luar negeri cukup tinggi namun terkendala adanya pembatasan keluar masuk seseorang di beberapa Negara selama pandemi. Sehingga para tenaga kerja dari Indonesia yang sudah pulang akan kesulitan untuk berangkat lagi,” kata Heryu.

Heryu menuturkan beberapa Negara melakukan pembatasan agar penyebaran Covid-19 tidak semakin meluas sehingga berdampak banyak tenaga kerja dari Indonesia yang sulit untuk bekerja di luar negeri.

“Pandemi Covid-19 telah berdampak pada berbagai sektor ekonomi di seluruh dunia. Tak hanya di Kota Pekalongan, jumlah pekerja migran Indonesia pun merosot tajam pada 2020 akibat pembatasan keberangkatan karena pandemi Covid-19,” pungkasnya. (BP/wan)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: