Ada 900 Ponpes, Dorong Kemandirian Ekonomi dengan Bisnis Retail

BERITAPANTURA.idJEPARA– Toko milik Pondok Pesantren Ummul Quro Desa Pecangaan Kulon Kecamatan Pecangaan diresmikan Bupati Jepara Dian Kristiandi, Kamis (4/11/2021) sore. Toko bernama Ureka Mart ini diharapkan menciptakan kemandirian ekononi di kalangan pesantren.

Ureka Mart sendiri merupakan bisnis retail yang dibangun melalui kerja sama dengan Koperasi Pondok Pesantren Umat Rejaning Karyo (Ureka). Sejumlah BUMN mendukung pendirian Ureka mArt ini.  Ini menjadi upaya mendorong inklusi keuangan bagi pesantren.


Toko milik Pondok Pesantren Ummul Quro Desa Pecangaan Kulon Kecamatan Pecangaan diresmikan Bupati Jepara
Dian Kristiandi, Kamis (4/11/2021) sore. (Foto: ISTIMEWA)

Bupati Dian Kristiandi menyambut baik kehadiran Ureka Mart ini.  Ureka yang merupakan akronim dari Umat Rejaning Karyo ini harapannya akan membuat pondok pesantren di Jepara bisa lebih berdaya secara ekonomi.

“Di Jepara ada lebih dari 900 pondok pesantren. Jika semuanya mampu menghadirkan ini, maka roda ekonomi tentu akan berputar dengan baik,” kata Bupati Andi.

Di Jepara yang diawali di Pondok Pesantren Ummul Quro ini harapannya akan menginspirasi pesantren-pesantren lain untuk melakukan hal yang sama. Andi juga berharap ke depan, produk-produk yang dihasilkan UMKM ataupun pesantren bisa masuk dan dijajakan di Ureka Mart ini.

“Mudah-mudahan ini bisa menginspirasi pesantren-pesantren lain dan menciptakan kemandirian ekonomi di kalangan pesantren,” jelas Andi.

Usai peresmian Bupati Andi dan segenap pejabat langsung mencoba berbelana di Ureka Mart ini. Andi mengapresiasi kemudahan pembayaran melalui non tunai yang difasilitasi oleh Bank Mandiri ini. “Sangat mudah berbelanja disini. Mudah-mudahan terus berkembang,” tandas Andi.

Dalam peresmian ini juga digelar pameran atau bazar produk UMKM dan hasil pesantren di Kabupaten Jepara. Juga dilakukan pelatihan menejemen ritel ureka mart digital. (BP/mif)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: