Pemkot Dorong Penerapan E-Arsip di Kota Pekalongan

BERITAPANTURA.id, KOTA PEKALONGAN – Pemerintah Kota Pekalongan telah mendapatkan fasilitasi Bimbingan Teknis Implementasi E-Arsip Terintegrasi dengan narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia pada Oktober lalu. Sehingga Dinarpus terus mendorong agar E-Arsip diterapkan di Kota Pekalongan.

Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Pengembangan dan Pembinaan Kearsipan Dinarpus Kota Pekalongan, Agung Tjahjana saat dikonfirmasi melalui telepon, Rabu (03/11/2021).

(Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan)

Menurut Agung, seiring dengan kemajuan teknologi, pemanfaatan teknologi mulai diterapkan pada Bidang Kearsipan oleh Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah Seperti penciptaan Arsip yang awalnya menggunakan kertas menjadi berbasis elektronik, penggunaan Arsip yang awalnya dilakukan secara luring (offline) menjadi secara daring (online), penyimpanan Arsip yang awalnya disimpan di Depot Arsip menjadi penyimpanan di dalam basis data, pengiriman surat yang awalnya dilakukan secara manual menjadi secara elektronik.

“Kami gelar bimteks pada 21-22 Oktober di Ruang Rapat BKD Lantai III dengan menghadirkan peserta dari 30 OPD se-Kota Pekalongan. Kami mendapat kesempatan gelombang pertama bersama 30 kabupaten/kota se-Indonesia,” ungkap Agung.

Disebutkan Agung, narasumber bimteks yakni Deputi Pembinaan Kearsipan Nasional dan Koordinator Arsiparis Direktorat Kearsiapan Wilayah II, dan Pranata Komputer.

“Kami akan mendorong pemerintah untuk mengolola arsip secara elektronik seiring perkembangan teknologi dan mengurangi penggunaan kertas. Targetnya pada tahun 2023, pengelolaan arsip secara elektronik di Kota Pekalongan apalagi sekarang sudah ada SRIKANDI atau Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi,” tandas Agung.

Dinarpus Kota Pekalongan berencana akan menggelar pameran arsip secara virtula pada November ini. (BP/wan)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: