Inovasi Antrean Online, Pasien Tak Perlu Menunggu di Puskesmas

BERITAPANTURA.idJEPARA – Puskesmas Mlonggo meraih Penghargaan FKTP 2021 dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kudus. Ini sebagai apresiasi kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) berkomitmen pelayanan JKN terbaik Se-Kabupaten Jepara dan terbaik Se-Wilayah BPJS Kesehatan Cabang Kudus Tahun 2021.

Sertifikat penghargaan ini diserahkan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kudus Agustian Fardianto kepada Bupati Jepara Dian Kristiandi di Aula Puskesmas Mlonggo, Selasa (2/11/2021).


Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kudus Agustian Fardianto menyerahkan sertifikat penghargaan kepada Bupati Jepara Dian Kristiandi di Aula Puskesmas Mlonggo, Selasa (2/11/2021).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kudus Agustian Fardianto mengungkapkan, jika penilaian yang dilakukan ada beberapa kriteria. Dan Puskesmas Mlonggo mendapatkan skor tertinggi dari 70 puskesmas dan 88 FKTP di wilayah BPJS Cabang Kudus.

Kriteria seleksi FKTP yang berkomitmen pelayanan dengan kriteria sudah bekerja sama paling sedikit satu tahun, nilai rekredensialing terakhir  75, nilai Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) rata-rata di smester I tahun 2021 adalah 3-4 point.

Lanjut Agustian Fardianto, untuk indikator utama penilaian meliputi pemanfaatan antrean online, Respon Time dokter FKTP pada kontak tidak langsung yang terkoneksi aplikasi Mobile JKN Faskes, kontak tidak langsung melalui media dari FKTP dan capaian skrining kesehatan.

“Dari penilaian berdasarkan kriteria yang di persyaratkan, FKTP di Kabupaten Jepara yang kami anggap paling berkomitmen pelayanan adalah Puskemas Mlonggo,” kata Agustian.

Pada Puskesmas Mlonggo, peserta kemudahan dan cukup mendaftar melalui online. Diantaranya pendaftaran melalui aplikasi Mobile JKN. Peserta JKN KIS tidak perlu ambil nomor ke Puskesmas, cukup dari rumah dan datang ke Puskesmas menjelang nomor antrian dipanggil karena pergerakan nomor dapat dimonitor melalui Mobile JKN.

Tak hanya itu, peserta BPJS Kesehatan bisa berkonsultasi melalui Mobile JKN maupun WA atau SMS. Peserta JKN KIS bisa menyampaikan keluhan kesehatan maupun konsultasi kesehatan tidak perlu datang ke Puskemsmas. Tapi nantinya petugas Puskesmas akan memberikan pelayanan serta tindak lanjut sesuai kebutuhan.

Sementara itu, Bupati Jepara Dian Kristiandi dalam sambutannya mengatakan bahwa penghargaan itu merupakan amanah. Andi sapaan akrabnya menyebut, pelayanan kesehatan kepada masyarakat harus diutamakan.

“Kami sampaikan apresiasi dan selamat kepada Puskesmas Mlonggo atas capaian ini. Capaian ini bukan pekerjaan yang singkat, tetapi butuh suport dari semua lini dan kerja keras,” kata Andi.

Andi menambahkan, jajaran Puskesmas Mlonggo harus terus bersemangat bersaing memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Karena sejatinya penghargaan bukan hanya sebuah lembaran sertifikat tetapi kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan.

Dia meminta UPTD Puskesmas Mlonggo semakin termotivasi meningkatkan layanan kepada masyarakat.

“Apa yang sudah kita peroleh ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan. Karena layanan yang diberikan akan dinilai dan merupakan kepuasan dari masyarakat,” jelas Andi.

Harapannya, penghargaan ini menjadi tuas pengungkit bagi Puskesmas yang lain untuk berkompetisi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Di sisi lain, Andi meminta agar capaian vaksinasi di Kecamatan Mlonggo terus digenjot, khususnya kepada lansia. Di Jepara vaksinasi lansia baru tercapai sekitar 20 persen dan secara umum mencapai 43 persen.

“Semua pihak harus mendorong vaksinasi ini. Jika kekebalan komunal sudah terbentuk maka tidak akan banyak lagi kasus penularan Covid-19. Untuk itu, mari sama-sam dukung program vaksinasi ini,” tegasnya. (BP/mif)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: