Bupati Kendal Launching Aplikasi E-Sakti

BERITAPANTURA.id, KENDAL – Sesuai dengan program dari Bupati Kendal dan Wakil Bupati Kendal terkait pemberian bantuan santunan kematian sebesar Rp 1 juta, Pemerintah Kabupaten Kendal telah melaunching aplikasi E-Sakti (Santunan Kematian) bersama Dinas Sosial Kendal di ruang Ngesti Widhi, Selasa (26/10/2021).

Santunan Kematian dapat diberikan dengan mengumpulkan persyaratan berkas kematian berupa Kartu Keluarga (KK), KTP dan Surat Keterangan Kematian. Proses pengajuan dapat dilakukan melalui petugas perangkat Desa masing-masing melalui aplikasi E-Sakti.

Pemerintah Kabupaten Kendal telah melaunching aplikasi E-Sakti (Santunan Kematian) bersama Dinas Sosial Kendal di ruang Ngesti Widhi, Selasa (26/10/2021). (Foto: Diskominfo Kendal)

Setelah semua data persyaratan dimasukan oleh perangkat Desa pada aplikasi, nantinya akan dilakukan verifikasi data oleh pihak Dinas Sosial Kendal untuk proses pencairan. Keluarga dapat mengurus Santunan dalam wakut 40 hari.

Sebagai pengiriman pencairan dana, pihak Dinas Sosial bekerja sama dengan Kantor Pos sebagai jasa pengiriman dana santunan.

Bupati Kendal Dico M. Ganinduto mengatakan, dengan aplikasi E-Sakti dapat memberikan manfaat bagi keluarga. “ Semoga dengan adanya aplikasi ini yang sudah kita resmikan dapat membantu keluarga, dan saya minta juga untuk perangkat Desa bisa membantu warganya dengan cepat melakukan kepengurusannya dan pengiriman bisa segera dilakukan,” ujar Dico M. Ganinduto.

Adapun warga Kabupaten Kendal yang mendapatkan bantuan Santunan Kematian adalah warga yang tercatat di Dinas Sosial Kendal dengan status warga kurang mampu. Sementara warga yang mendapatkan bantuan seluruhnya tercatat pada Data Terpadu Kesejahteraan  Sosial (DTKS).

Terkait data warga yang mendapatkan bantuan Santunan Kematian, data per Agustus 2021 dari pihak Dinas Sosial terdaftar sebanyak 531.662. (BP/wan)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: