Melatih Pola Pikir Kritis Anak dengan ANBK

BERITAPANTURA.id, BATANG – Sejumlah pelajar Sekolah Dasar (SD) menjalani Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk melatih pola pikir anak menjadi lebih kritis ketika menyelesaikan suatu permasalahan, sebelum ANBK digelar bulan November mendatang.

Disamping itu ANBK juga bertujuan untuk penjaringan mutu sekolah dalam mendidik anak selama mengikuti proses pembelajaran.

Salah satu guru saat mendampingi anak didiknya mengikuti Simulasi ANBK, di ruang laboratorium komputer SMPN 3 Kabupaten Batang, Senin (27/09/2021). (Foto: Diskominfo Batang)

Simulasi ANBK diikuti beberapa SD, di antaranya Proyonanggan 5, 14, 15 dan Kauman 1. Dengan mata pelajaran yang dikerjakan yakni matematika dan bahasa Indonesia untuk mengetahui kemampuan anak secara numerik dan literasi.

Menurut salah satu guru Andriani Widiasmara mengatakan, pola sebelumnya, anak hanya diajarkan untuk menghafal dan menyebutkan materi pada suatu mata pelajaran.

“Sekarang anak dilatih untuk bisa menjabarkan suatu tema dan menyampaikan argumennya,” jelas Andriani saat mendampingi anak didiknya mengikuti Simulasi ANBK, di ruang laboratorium komputer SMPN 3 Kabupaten Batang, Senin (27/09/2021).

Dikatakannya, lanjut dia, ANBK tentu berdampak positif bagi anak didiknya di masa depannya. Anak akan menjadi pribadi yang lebih matang dalam menghadapi kehidupan.

“Kalau ada masalah berarti bisa menyikapi, karena dia bisa berpikir lebih logis,” ujarnya.

Andriani menegaskan, ANBK diikuti oleh siswa kelas V dan ketika sudah naik kelas VI, anak hanya mengikuti Ujian Sekolah.

“Selama sarana prasarananya ada semua bisa diikuti anak dengan lancar. Sekarang memang sekolah kami belum lengkap, jadi menginduk di SMPN 3 Batang,” katanya. (BP/wan)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: