WaliKota Pekalongan Launching Aplikasi Simtramtibum Linmas

BERITAPANTURA.id, KOTA PEKALONGAN – Sebagai upaya mendorong peningkatan sinergi dan koordinasi layanan ketentraman, ketertiban umum (tramtibum) dan perlindungan masyarakat (linmas) antar stakeholder, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Satpol PP setempat mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Ketentraman dan Ketertiban Umum/Aplikasi Pelayanan Tramtibumlinmas-Damkar.

Launching aplikasi berbasis IT ini dilakukan oleh Walikota Pekalongan, Afzan Arslan Djunaid didampingi Wakil Walikota Pekalongan Salahudin, dan Kasatpol PP Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso, bertempat di Aula Kantor BKD Kota Pekalongan, Kamis (09/09/2021).

Walikota Pekalongan, Afzan Arslan Djunaid saat Launching aplikasi berbasis IT di Aula Kantor BKD Kota Pekalongan, Kamis (09/09/2021). (Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan)

Kasatpol PP Kota Pekalongan Sri Budi Santoso mengungkapkan, bahwa urusan tramtibum linmas merupakan pelayanan dasar dalam pelaksanaan otonomi daerah sehingga perlu dikelola dengan manajemen yang baik dalam rangka memastikan proses layanan tersebut semakin meningkat kualitasnya. Terlebih saat ini telah memasuki era serba Informasi dan Teknologi (IT), dimana semua sektor kehidupan masyarakat dipengaruhi oleh transformasi digital.

“Oleh sebab itu, layanan publik juga sudah harus memanfaatkan IT agar bisa sejalan dengan perkembangan yang ada di tengah masyarakat. Urusan trantibumlinmas tidak hanya dijalankan oleh Satpol PP saja,melainkan juga stakeholder terkait lainnnya seperti seksi trantib kelurahan, trantib kecamatan,hingga jajaran TNI/POLRI,” ujar SBS, sapaan akrabnya.

Menurutnya, lanjut dia, launching aplikasi ini menjadi salah satu bagian yang mendorong peningkatan koordinasi dalam layanan dan pengelolaan urusan tramtibum linmas. Aplikasi ini merupakan aplikasi pengaduan masyarakat mengenai tramtibum linmas melalui kelurahan.

“Pada saat yang sama, sudah menjadi keniscayaan bahwa masyarakat menuntut sebuah peningkatan layanan sehingga perlu terobosan memanfaatkan IT untuk meningkatkan sinergi dalam kualitas penyelenggaraan layanan trantibum tranmas,dimana satpol ini menjadi koordinator tramtibum linmas tingkat kota,” jelasnya.

Layanan ini hanya bisa diakses oleh kasi trantib secara online melalui laman https://sistramas.pekalongankota.go.id

“Tidak hanya itu, mereka juga bisa melaporkan daerah-daerah yang rawan dari gangguan tramtibum linmas. Sehingga akan memudahkan kami menyusun mekanisme layanan ketentraman dan ketertiban umum dalam bentuk patroli ataupun langsung penindakan apabila ada gangguan yang membutuhkan respon cepat,” imbuhnya.

Sementara Walikota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid menyambut baik adanya launching aplikasi ini yang telah memanfaatkan IT. Dirinya menilai, aplikasi yang digunakan sebagai kanal laporan ini akan sangat baik dan efektif jika dijalankan oleh masing-masing kelurahan. Sehingga, nantinya akan memudahkan masyarakat dalam melaporkan permasalahan di lingkungannya yang dapat diketahui langsung oleh pihak kelurahan.

“Disamping mereka mendapatkan pelaporan, kami berharap kasi trantib kelurahan bisa merespon cepat yang menjadi aduan tramtibum linmas dari masyarakat,” pungkas Wali Kota. (BP/wan)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: