Liburan ke Karimunjawa Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin dan Hasil Swab

BERITAPANTURA.idJEPARA – Pemerintah Kabupaten Jepara telah membuka seluruh objek wisata di Bumi Kartini. Termasuk Taman Nasional Karimunjawa.

Meski sudah dibuka, tidak begitu saja diberikan kelonggaran dan kebebasan. Bagi para wisatawan yang hendak ke wisata kepulauan ini, mereka wajib menunjukan sertifikat vaksinasi Covid-19 dan juga bukti surat hasil swab antigen.


Kapal Express Bahari yang hendak berangkat ke Karimunjawa dari Pelabuhan Kartini Jepara.

Manajemen Kapal Express Bahari Ahmad Wildan mengatakan, Jumat (3/9/2022) mengatakan, untuk persyaratan bagi para pelaku wisatawan, pengunjung wajib menunjukan hasil Rapid test dan hasil vaksinasi minimal dosis ke satu. Dengan batas waktu maksimal 1 kali 24 jam sebelum keberangkatan.

“Selain itu, selama berwisata mereta tetap diwajibkan menjaga protokoler kesehatan,” kata Wildan.

Salah satu wisatawan Bayu asal Jogyakarta mengatakan, sebagai syarat pelaku perjalanan, dirinya memang diwajibkan melampirkan surat keterangan bebas Covid-19. Selain itu, ia harus menggunakan aplikasi Peduli Lindungi dan menunjukan keterangan sudah vaksinasi.

“Tadi nunjukin surat Rapid test dan kartu vaksin juga. Kalo saya pribadi, sudah vaksin sampai dosis 2,” ungkapnya.

Menurutnya, bukan kali pertama ke Karimunjawa. Sebelumnya ia pernah ke pulau terluar di Jepara ini bersama keluarganya. Rencannaya selama dua hari dua malam ia di sana untuk eksplorasi Pulau Karimunjawa.

Diketahui, pada Jumat pagi terdapat 248 penumpang yang diberangkatkan pada pembukaan hari pertama dengan Express Bahari. Sedangkan kapasitas maksimalnya, berjumlah 250. Sedangkan kapasitas keseluruhan sebanyak 400 orang. (BP/mif)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: