Dishub Pekalongan Siapkan Pos Penyekatan untuk Pantau Pemudik

BERITAPANTURA.id, KOTA PEKALONGAN – Sejumlah titik masuk wilayah Kota Pekalongan dan Kabupaten Batang disiapkan sebagai pos penjagaan dan penyekatan para pemudik. Pos-pos tersebut akan dijaga oleh tim gabungan dari DInas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), aparat kepolisian, dan personel TNI.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, Aprilyanto Dwi Purnomo, saat dikonfirmasi melalui telepon, Senin (3/5/2021), menyatakan, penyekatan dilakukan tiga kali sehari, yakni pukul 07.00-09.00 WIB, 15.00-18.00 WIB, dan 20.00-22.00 Poss-pos penjagaan dan penyekatan akan dioperasikan pada 6-17 Mei 2021.

Petugas nakes saat cek suhu tubuh pemudik. (Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan)

“Untuk menindaklanjuti dari pusat teknis pengamanan kami buat pos penjagaan di tiga titik, yakni monumen (THR), exit tol/depan Grosir Setono, dan Kawasan Alun-Alun di Hypermart. Pos penyekatan di tiga titik, yaitu di (kantor) Samsat, exit tol, dan terminal di akses masuk depan,” papar April.

Selain pencegatan kendaraan para pemudik, pihaknya juga melakukan rekayasa lalu lintas. Tak hanya itu, ATCS Kota Pekalongan juga diaktifkan untuk memantau dan mengatur waktu lampu lalu lintas agar tak terjadi kemacetan.

“Kendaraan yang berplat luar kota akan kami cegat. Untuk penumpukan kendaraan dipastikan tidak ada,” tegasnya.

Kendati demikian, masih ada kemungkinan para pemudik bisa memasuki wilayah Kota Batik. Ia pun meminta masyarakat untuk mengaktifkan program Jogo Tonggo.

“Kalau tidak positif Covid-19 tidak masalah, tetapi kalau positif dan akhirnya merebak di daerah pemudik tersebut akan jadi masalah besar,” tandasnya.

Di Batang, beberapa pos penjagaan disiapkan di enam titik. Pematauan para pemudik juga melibatkan tim reaksi cepat PSC 119. Kapolres Batang AKBP Edwin Louis Sengka mengutarakan, pihaknya menyiagakan 569 orang personel untuk bertugas di pos-pos tersebut, terdiri dari 310 orang personel Polres Batang, 25 orang anggota Brimob, 30 orang anggota Kodim 0736 Batang, dan 204 dari personil instansi terkait.

“Keenam pos penyekatan dan pengamanan tersebut berada di exit tol Kalibeluk, exit tol Kandeman, rest area 360, rest area 379, Pos pengamanan Luwes jalan pantura Gringsing dan Pos pelayanan Alun Alun Batang,” ujar Kapolres, usai mengikuti Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Candi 2021, di Rupatama Mapolres Kabupaten Batang, beberapa waktu lalu.

Kapolres memastikan, pihaknya juga menggelar Operasi Ketupat Candi mulai 6 Mei mendatang. Selain itu, kepolisian melakukan berbagai upaya pencegahan arus mudik, antara lain lewat razia di beberapa titik dan pendataan jumlah pemudik yang datang ke Batang bekerja sama dengan para lurah, camat, bhabinsa, dan bhabinkamtibmas. (BP/02)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: