Pentingnya Keseimbangan Peran dalam Keluarga di Tengah Pandemi Covid-19

BERITAPANTURA.id, KOTA PEKALONGAN – Kesehatan mental menjadi aspek kesehatan yang harus dijaga oleh setiap pribadi, khususnya di tengah masa pandemi Covid-19. Salah satu caranya adalah dengan berbagi peran dalam keluarga inti.

Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Pekalongan sekaligus Psikolog, Nur Agustina, menjelaskan pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama satu tahun ini membuat banyak perubahan pada semua aspek kehidupan masyarakat. Sehingga, dibutuhkan kesiapan  fisik juga mental.

(Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan)

“Di era pandemi ini mengakibatkan adanya PHK, keterbatasan lahan pekerjaan, dan pembatasan sosial. Jadi ini sangat berpengaruh bagi mental health (kesehatan mental) seseorang seperti mudah marah atau depresi,” ujarnya saat ditemui di kantornya pekan lalu.

Agustina menambahkan, pembagian peran yang seimbang dalam keluarga bisa menjadi pendukung penuh bagi anggotanya saat terjadi permasalahan.

“Kewajiban laki-laki adalah memenuhi kebutuhan keluarga, tetapi ketika terjadi PHK maka akan menimbulkan tuntutan pada perempuan. Namun, bagi perempuan yang memahami hal tersebut, pastinya akan membantu untuk meningkatkan ekonomi keluarga di tengah pandemi,” kata Agustina.

Lebih lanjut, dia menyebut laki-laki atau suami juga harus mengambil peran dalam membantu urusan rumah tangga. Pembagian peran tersebut akan meminimalkan potensi masalah. (BP/02)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: