Pemkab Jepara Minta Ormas Jaga Kondusivitas Daerah

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Pengurus organisasi masyarakat (ormas) di wilayah Kabupaten Jepara diminta untuk terus berpartisipasi menjaga kondusivitas daerah.

Hal itu disampaikan Bupati Jepara melalui Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Dwi Riyanto saat membuka silaturahmi Pemkab Jepara dengan para pengurus ormas, Selasa (27/04/2021).

Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Dwi Riyanto saat membuka silaturahmi Pemkab Jepara dengan para pengurus ormas, Selasa (27/04/2021). (Foto: Diskominfo Jepara)

Menurutnya, pengurus ormas dapat berperan sebagai fasilitator penyampai aspirasi masyarakat, mengawasi kebijakan dan progam pembangunan, hingga meminimalisasi konflik.

“Bangun komunikasi yang kuat dan efektif. Kedepankan dialog dan komunikasi yang transparan serta sejajar di antara berbagai elemen sosial yang ada di masyarakat. Bangun sikap toleransi, sehingga potensi gangguan kondusivitas daerah dapat diminimalisir,” terang Dwi.

Dwi berharap, pengurus ormas ikut mengatasi sensitivitas isu SARA di wilayah masing-masing. Sebab, menurutnya, isu-isu tersebut kerap melahirkan radikalisme, intoleransi, serta kekerasan antaragama.

“Dengan demikian, keberadaan ormas di Jepara benar-benar sebagai mitra strategis pemerintah dalam menjaga keutuhan NKRI dan menjaga kebinekaan serta keberagamaan,” harapnya.

Terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro, lanjut Dwi, ormas harus berada di garda terdepan dalam melawan intoleransi, radikalisme, terorisme serta ujaran kebencian. (BP/02)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: