Santuni Yatama, Hartopo; Jangan Lalai, Tetap Patuhi Prokes

BERITAPANTURA.id, KUDUS – Momentum bulan suci ramadan sangat baik untuk meningkatkan amalan dan ibadah. Hal tersebut disampaikan Bupati Kudus Hartopo saat menyerahkan santunan kepada 237 anak yatim/piatu (yatama) se-kecamatan Bae dan tarawih keliling di Masjid Baitur Rohim Desa Dersalam, Bae, Senin (26/04/2021).

Hartopo menuturkan santunan tersebut merupakan wujud perhatian Pemerintah Kabupaten Kudus kepada para yatim/piatu. Orang nomor satu di Kudus tersebut juga menitipkan para anak yatim kepada kepala desa untuk selalu dibimbing dan diperhatikan. Pihaknya mengucapkan terima kasih atas perhatian para kepala desa kepada anak yatim piatu setempat.

Bupati Kudus Hartopo saat menyerahkan santunan kepada 237 anak yatim/piatu (yatama) se-kecamatan Bae dan tarawih keliling di Masjid Baitur Rohim Desa Dersalam, Bae, Senin (26/04/2021). (Foto: kudusnews.com)

“Kepada para kepala desa yang hadir di tarawih keliling ini, kami mengucapkan terima kasih atas perhatiannya kepada para anak yatim/piatu,” ujar Hartopo.

Terdapat 40 anak yatim/piatu di Desa Bae yang menerima santunan. Kemudian penerima santunan juga meliputi 7 anak di Desa Bacin, 24 anak di Desa Dersalam, 34 anak di Desa Gondangmanis, 24 anak di desa Karangbener, 29 anak di Desa Ngembalrejo, 24 anak di Desa Panjang, 24 anak di Desa Pedawang, 21 anak di Desa Peganjaran, dan 10 anak di Desa Purworejo. Masing-masing menerima 250 ribu rupiah.

“Meskipun sedikit. kami berharap santunan ini bermanfaat bagi yang menerimanya,” ucapnya.

Dikatakannya, lanjut dia, saat ini perang melawan Covid-19 belum berakhir. Kami berpesan agar jemaah tidak lengah dalam melaksanakan protokol kesehatan. Apalagi menjelang hari raya idulfitri yang biasanya kedatangan keluarga dari luar kota. Pasalnya, antar keluarga tidak mengetahui riwayat bepergian antara satu dan lainnya. Sehingga, mencegah dengan menerapkan protokol kesehatan lebih baik. 

“Perlu di ingat, kita masih berada di suasana pandemi. Kami imbau untuk tetap menjalankan prokes meskipun dengan keluarga. Apalagi jika kedatangan saudara dari luar kota,” jelasnya.

Hartopo menambahkan, pihaknya juga memberikan bantuan hibah sarpras peribadatan dan pendidikan keagamaan kepada Masjid Jami’ Baiturrahim, Dersalam sebesar 30 juta rupiah. Kemudian pentasyarufan penerima manfaat BAZNAS berupa pembangunan Taman Pendidikan Alquran (TPA) Al-Fath El-Islami, Ngembalrejo sebesar 5 juta rupiah. Begitu juga santunan fakir miskin penerima mustahiq zakat BAZNAS sebanyak 200 orang yang masing- masing menerima 200 ribu rupiah. Hartopo mengungkapkan apresiasi terhadap BAZNAS atas kolaborasi yang baik tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS atas kolaborasinya bersama Pemkab Kudus,” pungkasnya. (BP/02)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: