Perangi Narkoba, BNNK Batang Siapkan RAN P4GN

BERITAPANTURA.id, BATANG – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Batang menggelar rapat koordinasi bersama beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dinilai tepat merealisasikan  Rencana Aksi Nasional  Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (RAN P4GN).

OPD yang potensial untuk mendukung pemberantasan narkoba di antaranya Diskominfo, Diparpora, Dinkes, DP3AP2KB, Bapelitbang dan Disdikbud.

Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Batang menggelar rapat koordinasi bersama beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Aula Kantor BNN Kabupaten Batang, Selasa (20/04/2021). Foto: Diskominfo Batang

Kepala BNNK Batang Khrisna Anggara menyampaikan, pihaknya menyiapkan rencana aksi berupa penyediaan dan penyebaran informasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba menggunakan media yang dimiliki OPD terkait seperti cetak maupun elektromik.

“Sosialisasi bertema bahaya narkoba dengan mengundang BNNK Batang pun dinilai sangat tepat,” kata Khrisna Anggara saat memimpin rakor bersama OPD, di Aula Kantor BNN Kabupaten Batang, Selasa (20/04/2021).

Saat ini Pemkab Batang bersama DPRD sedang merumuskan Perda untuk memudahkan regulasi. Namun untuk mempercepat aksi, dapat pula melalui Instruksi Bupati agar instansi dapat membuat surat edaran yang ditujukan ke beberapa kalangan untuk melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba.

“Contoh kegiatan pementasan teater dengan menyisipkan tema P4GN agar pesan mudah dipahami masyarakat,” jelasnya.

Dapat pula melaksanakan tes urin dilingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN). Intinya sebagai langkah deteksi dini apakah terdapat oknum yang menyalahgunakan narkoba.

Dari tiap OPD, dapat membentuk penggiat anti narkoba, melalui kader-kader berpotensi untuk mencegah penyalahgunaan narkoba.

“Di lingkungan OPD bisa membentuk Satgas untuk menyiapkan kegiatan dengan membuat konten untuk menyosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkoba,” katanya.

Serta pengembangan topik anti narkoba ke dalam salah satu materi pembelajaran berbentuk muatan lokal di masing-masing satuan pendidikan yang berada di bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Batang Puji Setyowati menerangkan, sudah sejak lama program-program kerja dari BNNK didukung sepenuhnya oleh Tim Media Center.

“Untuk tahun ini akan lebih mengoptimalkan menyampaikan konten-konten dari BNN seperti program RAN P4GN, karena media cetak sepenuhnya berada di bawah naungan kami,” tegasnya.

Dukungan terhadap BNNK Batang makin optimal dengan dilaksanakannya Perjanjian Kerja Sama dengan Diskominfo.

“Tindak lanjutnya kami sering bersinergi sesuai tugas pokok dan fungsi Diskominfo, berbentuk publikasi terhadap program-program BNN sudah kami sampaikan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Diskominfo juga mempublikasikan hingga ke tingkat penindakan, misalnya dalam pemusnahan barang bukti obat-obatan terlarang dan sejenisnya.

“Publikasi selama ini dilakukan melalui media cetak, online, radio Abirawa FM, video tron dan media sosial,” ujarnya.(BP/02)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: