Atikoh: Generasi Muda Harus Contoh R.A. Kartini

BERITAPANTURA.id, REMBANG – Peringatan Hari Kartini ke 142 di Kabupaten Rembang dihadiri Ny. Atikoh Ganjar Pranowo. Istri Gubernur Jawa Tengah tersebut menjadi inspektur upacara yang diikuti Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Rembang dan perwakilan organisasi wanita yang ada di Rembang, seperti Tim Penggerak PKK, Bhayangkari, Persit dan Dharma Wanita.

Rangkaian peringatan Hari Kartini mulai upacara Hari Kartini di Pendapa Museum dan ziarah ke makam RA Kartini di Bulu pun disiarkan langsung di akun youtube Pemerintah Kabupaten Rembang dan Jatengprov akun milik Pemerintah Provinsi.

Siti Atikoh Ganjar Pranowo saat berziarah dan tabur bunga di komplek Makam RA Kartini di Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang. Foto: Diskominfo Rembang

Usai berziarah dan tabur bunga di komplek Makam RA Kartini, Siti Atikoh juga menyerahkan bantuan kepada sejumlah difabel.

Dalam kesempatan itu Siti Atiqoh menuturkan ziarah ke makam RA Kartini dimaksudkan untuk mendoakan dan mengingat, mengambil hikmah perjuangan yang dilakukan RA Kartini semasa hidup.

Banyak hal yang bisa dipelajari dari sosok Kartini, Siti Atiqoh menyebutkan pendidikan perempuan sangat penting. Pasalnya mendidik anak perempuan sama dengan mendidik satu generasi.

“Karena akan mendidik anaknya, menjadi madrasah pertama bagi anaknya. Beliau juga pekerja keras, tidak puas sampai di titik itu. Meskipun ningrat, tapi selalu berusaha bagaimana mengedukasi dan memberikan pendidikan, ketrampilan kepada perempuan di sekitarnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Atiqoh mengatakan Indonesia akan maju kalau masyarakatnya dapat mengimplementasikan nilai-nilai yang telah dilakukan oleh RA Kartini. Bagaimana tidak seorang RA Kartini sangat multi talenta.

“Beliau juga multikarya, tidak hanya dari sisi pendidikan formal, beliau mampu belajar, membaca. Beliau bisa menjahit, menggambar, melukis, membatik. Kalau banyak perempuan-perempuan seperti itu tentu Indonesia akan tambah maju, dan juga kesalehan sosialnya akan sangat kentara,” terangnya.

Usai berziarah Siti Atiqoh bersama istri Wakil Gubernur Jateng Nawal Nur Arafah Yasin, Istri Bupati Rembang Hj.Hasiroh Hafidz dan Istri Wakil Bupati Rembang Siti Halimatussya’diyah memberikan bantuan kepada sejumlah difabel dan kemudia berkunjung ke Taman Akar Jati yang ada di sebelah komplek makam RA Kartini untuk melihat workshop batik tulis dan sejumlah produk UMKM Rembang. (BP/02)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: