Menelusur Jejak Jozeph Paul Zhang, Ternyata Sekolah SD-SMA di Tegal

BERITAPANTURA.id, KOTA TEGAL – Jozeph Paul Zhang, tersangka dugaan penodaan agama dan ujaran kebencian, semasa muda hidup di Tegal, Jawa Tengah. Ia disebut menempuh pendidikan SD sampai SMA di Kota Tegal.

Semasa sekolah, Jozeph Paul Zang tercatat bernama Shindy Paul Soerjomoeljono. Jozeph merupakan alumni SMAN 1 Tegal lulusan tahun 1993 lalu. Staf bagian kearsipan SMAN 1 Tegal, Mohamad Husni Efendi, membenarkan bahwa Jozeph Paul Zang adalah alumni sekolah tersebut.

Jozeph Paul Zhang, tersangka penodaan agama yang kini diburu polisi, adalah lulusan SMA Negeri 1 Kota Tegal.

“Betul (Jozeph) lulusan sekolah ini. Di arsip ini nama aslinya Shindy Paul Soerjomoelyono, nomor induk 8897, pernah belajar di SMA Negeri 1 Tegal. Yang bersangkutan lulus tahun 1993,” jelas Husni kepada wartawan di kantornya, Rabu (21/4/2021).

Berdasarkan data di salinan ijazah yang disimpan sekolah, Jozeph Paul Zhang lahir di Banjaran, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, pada Agustus 1974.

Di ijazah tersebut juga tertera jika Jozeph Paul Zhang merupakan siswa jurusan IPA dan dinyatakan lulus dengan nilai total 73. Nilai 11 mata pelajaran yang diujikan didominasi 6 dan 7. Hanya ada satu mata pelajaran yang mendapat nilai 8, yakni Pendidikan Agama. Jika melihat nilai di ijazah tersebut, Husni menyebut Jozeph tergolong siswa yang prestasinya sedang-sedang saja.

“Kalau dilihat nilainya, paling tinggi 8, berarti sedang-sedang saja,” ungkapnya.

Husni mengaku dirinya dan guru-guru lain baru mengetahui jika Jozeph Paul Zhang pernah bersekolah di SMAN 1 Tegal setelah didatangi media. Meski tempat tinggal di Banjaran, Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jozeph mengenyam pendidikan SD-SMA di Kota Tegal. Mulai dari Sekolah Dasar (SD) Pius Kota Tegal, SMPN 2 Kota Tegal dan SMAN 1 Kota Tegal.

Terpisah, teman Jozeph semasa SD sampai SMP, Fredyanto Hascaryo, menceritakan bahwa Jozeph atau yang bernama asli Shindy lulus SD Pius tahun 1988, melanjutkan ke SMPN 2 Kota Tegal lulus tahun 1990 dan SMAN 1 Kota Tegal tahun 1993.

“Shindy anaknya pendiam dan saat SMA pernah ikut lomba tata upacara pertama se-Jawa Tengah,” ungkap Fredyanto saat ditemui hari ini.

Sementara itu, pihak kerabat Jozeph Paul Zhang yang masih berdomisili di Banjaran, saat ditemui untuk dimintai konfirmasi terkait nama Shindy Paul Soerjomoelyono tidak bersedia memberikan keterangan. (BP/01)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: