Fenomena Alam, Hujan Es Sebesar Kelereng Terjadi di Brebes

BERITAPANTURA.id, BREBES – Hujan es terjadi di wilayah Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, sore tadi. Kejadian ini sempat membuat warga kaget dan mencari tahu sumber suara jatuhnya hujan es tersebut di atap rumah.

Salah satu warga Kecamatan Banjarharjo, Saefudin (41), mengatakan bahwa kondisi sempat mendung tebal dari arah selatan sebelum peristiwa hujan es terjadi. Kemudian sekitar pukul 16.00 WIB hujan lebat pun turun dengan disertai butiran es.

Hujan es yang terjadi di wilayah Kecamatan Banjarharjo Brebes. (Foto : BPBD Brebes)

“Hujannya itu campur ada butiran esnya. Ukurannya sebesar kelereng. Jadi kalau mengenai atap seng itu suaranya kenceng kayak kejatuhan kerikil,” ujar Saefudin, Kamis (8/4/2021).

Terpisah, Kepala BPBD Brebes Nuhsy Mansur mengatakan bahwa peristiwa hujan es tersebut hanya terjadi di kawasan kota Kecamatan Banjarharjo. Ada beberapa daerah lain di sekitar Kecamatan Banjarharjo yang juga turun hujan, namun tidak disertai butiran es.

“Relawan kami melaporkan, hujan es hanya terjadi di sekitar Kecamatan Banjarharjo. Tadi jam 4 sore,” ungkap Mansur saat dihubungi awak media. (BP/01)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: