Bupati Batang Berikan Sanksi Bagi Sekolah Yang Tak Patuhi Protokol Kesehatan

BERITAPANTURA.id, BATANG – Pemerintah menyatakan bahwa tahun ajaran baru bulan Juli 2021 mendatang, sudah dapat dimulai dengan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas.

Aktivitas pembelajaran tatap muka secara terbatas ini akan dilakukan setelah pemerintah menyelesaikan vaksinasi terhadap pendidik dan tenaga pendidikan.

Bupati Batang Wihaji. (Foto: Diskominfo Batang)

Menurut Bupati Batang Wihaji menyampaikan bahwa dari hasil Monitoring dan evaluasi (Monev) Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di satuan pendidikan SD dan SMP di Kabupaten Batang belum ditemukan klaster Covid-19.

“Dari hasil monev PTM yang dilakukan sejak 7 Maret 2021 hingga sekarang alhamdulilah tidak ada masalah dan klaster baru Covid-19 di satuan pendidikan,” kata Bupati Batang Wihaji saat ditemui di kantornya, Rabu (07/04/2021).

Namun demikian, Lanjut dia, ada catatan seperti siswa yang membawa masker tapi di dalam kelas tidak di pakai, karena merasa jaga jarak.

“Kita sudah kasih surat peringatan bagi sekolah yang teledor membiarkan siswa tidak menggunakan masker dengan benar,” jelasnya.

Ia pun menyatakan, sudah 90 persen satuan yang melaksanakan PTM sudah sesuai protokol kesehatan (Prokes) yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Batang.

“Alhamdulilah selama satu bulan ini tidak ada penambahan Covid-19 dari satuan pendidikan, penambahan semuanya dari klaster keluarga,” ucapnya.

Wihaji juga mengatakan, kasus Covid-19 di Kabupaten Batang dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan vaksinasi sudah mulai ada penurunan.

“Sekarang tinggal 117 orang terpapar Covid-19, isolasi mandiri tinggal 82 orang. Ini artinya terus turun, semoga semakin turun dan selesai,” ungkapnya.

Walaupun dari hasil Monev PTM tidak permasalahan, Namun Bupati Wihaji belum memberanikan diri mengeluarkan kebijakan memaksimalkan PTM di semua satuan pendidikan SD dan SMP.

“Kita sudah laksanakan PTM yang masuk zona hijau dan zona merah saya pastikan tetap tidak laksanakan PTM seperti Kecamatan Batang,” pungkasnya.

Perlu diketahui untuk satuan pendidikan SD yang sudah melaksanakan PTM totalnya sebanyak 331 dari total 454 SD di Kabupaten Batang, untuk satuan pendidikan SMP sebanyak 52 daribtotal 71 SMP di Kabupaten Batang. (BP/02)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: