Kapolres Bersama Dandim Cek Pengamanan Gereja di Hari Raya Paskah

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Kapolres Jepara AKBP Aris Tri Yunarko S.I.K M.Si Bersama Dandim 0719 /Jepara Letkol Arh Tri Yudhi Herlambang, SE. M.I.Pol beserta PJU Polres Jepara melakukan pengecekan langsung Ibadah Paskah di sejumlah gereja yang ada di wilayah Hukum Polres Jepara, pada Jumat (02/04/2021).

“Hari ini kita mengadakan pengecekan ke tempat-tempat ibadah, khususnya saudara-saudara kita pemeluk agama Kristiani. Kita mengecek kesiapan anggota dan pelaksanaan misa dan tentunya kita antisipasi dengan adanya kejadian yang sudah kita tahu beberapa hari lalu,” terang Aris Tri Y.

Kapolres, Dandim dan pengurus gereja foto bersama saat melakukan patroli pengecekan di salah satu gereja di Kabupaten Jepara. (Foto : Humas Polres Jepara)

Tujuannya tidak lain adalah memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan sehingga masyarakat bisa menjalankan ibadah dengan tenang dan damai. Untuk itu, Kapolres bersama Dandim melakukan patroli bersama serta pengecekan kesiapan anggota di lapangan.

“Ini sebetulnya sudah protap (prosedur tetap), kalau ada setiap kegiatan peribadatan TNI-Polri hadir untuk mengamankan, memberikan rasa aman kepada masyarakat yang melaksanakan ibadah,” imbuh Dandim Jepara Letkol Arh Tri Yudhi Herlambang

Selain menempatkan personel pengamanan, jajaran Polres bersama Kodim juga akan menggelar patroli gabungan sebagai langkah pengamanan preemtif dan preventif. Kapolres Jepara menekankan kepada anggota pengamanan gereja agar menjaga penampilan dan sikap sebagai anggota Polri.

“Kita patroli melihat tempat-tempat sesuai dengan informasi dari satuan intelijen, daerah mana yang kita antisipasi, kemudian di sekitar tempat peribadatan, tentunya titik-titik yang kita ketahui untuk kita antisipasi,” ujar Kapolres.

Selain itu Kapolres Jepara juga mengimbau agar anggota Polri yang melakukan pengamanan ibadah paskah agar bersama petugas pengamanan internal gereja atau panitia untuk melakukan pemeriksaan terhadap setiap sudut obyek pengamanan.

Baik dimulai dari ring I (dalam obyek), ring II (halaman obyek) dan ring III (lingkungan obyek) yang selanjutnya lakukan penjagaan dengan sungguh-sungguh dan selalu waspada serta merespon terhadap hal-hal yang dianggap mencurigakan serta melaporkan setiap perkembangan situasi kepada pimpinan atau komando.

Kapolres menjelaskan bahwa pengecekan yang dilakukannya tersebut dikandung maksud untuk memastikan bahwa anggota yang melakukan tugas pengamanan di gereja agar selalu waspada dan tanggap sesuai dengan Standar Operasinal Prosedur pengamanan, sehingga masyarakat yang melaksanakan ibadah perayaan Paskah merasa aman dan nyaman, dan situasi di wilayah Kabupaten Jepara tetap dalam keadaan kondusif. (BP/01)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: