HM Hartopo: Jangan Mudah Termakan Isu SARA

BERITAPANTURA.id, KUDUS – Masyarakat Kabupaten Kudus diminta dapat bergotong royong menangkal radikalisme dan paham-paham komunisme yang dapat memecah belah persatuan bangsa.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo pada pembinaan tim terpadu penanganan konflik sosial Kabupaten Kudus 2021 di ruang rapat lantai IV Setda Kudus, Rabu (24/03/2021). Menurutnya, mencegah radikalisme bukan hanya menjadi tugas pemerintah, namun juga diperlukan peran serta masyarakat.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo pada pembinaan tim terpadu penanganan konflik sosial Kabupaten Kudus 2021 di ruang rapat lantai IV Setda Kudus, Rabu (24/03/2021). (Foto: Diskominfo Kudus)

“Radikalisme dan paham-paham komunisme harus dapat kita deteksi dan kita tangkal sedini mungkin, agar tidak sampai merasuk ke dalam masyarakat, sehingga dapat memecah belah bangsa. Oleh karena itu, jiwa korsa antarmasyarakat dan aparat sangat diperlukan dalam rangka menjalin sinergi bersama,” jelas Hartopo.

Salah satu cara untuk mencegahnya, lanjut Hartopo, masyarakat diminta jeli dan teliti setiap menerima informasi apapun yang berkembang, agar tidak mudah terprovokasi oleh segelintir golongan yang mempunyai niatan mengadu domba.

“Jangan mudah termakan oleh isu-isu SARA ataupun pemberitaan hoaks dan lainnya yang mempunyai tujuan memecah belah. Teliti dan jeli dalam menerima informasi yang beredar,” pesannya.

Karenanya, Hartopo mengajak rekan-rekan media dan Kominfo untuk memberikan informasi dan edukasi terhadap masyarakat, dengan memberikan pemberitaan yang mengajak untuk membangun semangat persatuan dan kesatuan. (BP/02)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: