Bea Cukai Kudus Berhasil Amankan 78 ribu Batang Rokok Ilegal

BERITAPANTURA.idKUDUS – Sebanyak 78 ribu batang rokok ilegal berhasil diamankan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai Kudus.

Belasan ribu rokok ilegal tersebut disita dari sebuah mobil jenis minibus yang ditinggal kabur pemiliknya di Desa Margoyoso, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara, Kamis (18/3/2021) pekan lalu.

Ilustrasi : Bea Cukai Kudus saat menunjukkan hasil sitaan rokok ilegal

Kepala KPPBC Tipe Madya Kudus Gatot Sugeng Wibowo menyebutkan, total perkiraan nilai barang yang disita mencapai Rp 80,38 juta. Sementara potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan adalah mencapai mencapai Rp 52,82 juta.

“Kami melakukan penyisiran tim dalam rangka penindakan rokok ilegal. Hingga akhirnya, ditemukan minibus tersebut yang diduga digunakan untuk mengangkut barang kena Cukai berupa rokok ilegal,” ucap Gatot, Senin (22/3/2021).

Gatot menambahkan, pada periode Januari hingga 18 Maret 2021, KPPBC Kudus sudah mengungkap tujuh kasus rokok ilegal. Dengan dominasi kasus berasal dari Kabupaten Jepara. Pengungkapan terbesarnya, terjadi pada 11 Maret 2021.

“Dengan barang bukti 1,5 juta batang rokok ilegal dengan potensi kerugian negara Rp 1,16 miliar,” ungkapnya.

Selain menyita jutaan batang rokok ilegal, juga disita 15.800 keping pita cukai rokok diduga palsu. Pelanggaran tersebut juga dari Kabupaten Jepara. KPPBC Kudus juga telah berhasil mengungkap perederan rokok ilegal di Lamongan, Jawa Timur. Hal tersebut terjadi setelah mengejar dari wilayah hukum Bea Cukai Kudus.

Hasilnya, selain mengamankan 179.200 batang rokok ilegal, juga disita truk medium yang diangkut di dalam truk kontainer. (BP/01)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: