Pemkab Kendal Buka Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi Guna Tekan Angka Kemiskinan

BERITAPANTURA.id, KENDAL – Dalam meningkatkan kemampuan bagi usia produktif yang ada di Kabupaten Kendal, Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki membuka secara resmi Pelatihan Berbasis Kompetensi di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) desa Jenarsari Kecamatan Gemuh, Jumat (05/03/2021).

Pelatihan berlangsung selama 43 hari dengan materi pelatihan teori 30 persen dan 70 persen adalah praktik, untuk tahun ini pelatihan yang diberikan adalah 3 kelas yaitu Tata Rias, Teknik Sepeda Motor dan teknik Las.

Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki usai membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) desa Jenarsari Kecamatan Gemuh, Jumat (05/03/2021). (Foto: suaraindonesia.co.id)

Usai melakukan pembukaan secara simbolis H. Windu Suko Basuki menyempatkan melihat kelas yang nantinya akan digunakan untuk pelatihan, diawalai dengan mengunjungi kelas tata rias, kemudian kelas teknik sepeda motor dan terakhir kelas praktik las.

Windu Suko Basuki mengharapkan dari hasil pelatihan yang telah dilakukan dapat memberikan dampak besar terutama dalam mengurangi angka pengangguran yang ada di Kabupaten Kendal.

“Harapannya semoga ini bisa mengurangi angka pengangguran yang ternyata kurang lebih sudah menyentuh 60 ribu di usia produktif, ini akan menjadi tugas kita dalam pengentasan pengangguran. Kita juga tidak lepas hanya sekedar pelatihan setelah itu lepas, tapi kita usahakan untuk mereka agar bisa sampai ke tempat kerja dengan cara kita akan berusaha bekerja sama dengan pihak swasta,” jelas Wakil Bupati Kendal.

Ada beberapa catatan yang menjadi perhatian oleh Wakil Bupati Kendal diantaranya adalah kelas teknik sepeda motor yang memang masih belum sesuai dengan standarnya. Pihaknya meminta agar setidaknya intrukstur dapat memberikan pelajaran yang baik  dan untuk sementara dapat memanfaatkan fasilititas yang tersedia.

Sementara itu Kepala UPTD BLK Jati Pramono mengatakan jika pelatihan yang dibuka saat ini merupakan pelatihan angkatan pertama dan untuk angkatan ke dua kelas yang dibuka akan sama pada 3 kelas sebelumnya. (BP/02)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: