Penyintas B117 di Brebes Sempat Gelar Hajatan, Dinkes Tracing hingga Lini 2

BERITAPANTURA.idBREBES – Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah masih melaksanakan tracing terkait penyintas virus Corona B117 yakni seorang wanita A (47). Tracing berlangsung hingga kontak erat lini dua karena A sempat menggelar hajatan pada akhir Februari lalu.

“Untuk antisipasi risiko penularan virus Corona B117 di lingkungan tetangga karena sempat menggelar hajatan. Pada 25 Februari, Nyonya A menggelar hajatan pernikahan dan mengundang tetangga,” kata Kepala Puskesmas Ketanggungan, dr Susani Ali, kepada wartawan, Jumat (5/3/2021).

Tracing pada kontak erat lini dua yang dilaksanakan oleh petugas Puskesmas Ketanggungan di rumah A, Desa Kubangjati, Kecamatan Ketanggungan, Brebes.

Lebih lanjut Susani menjelaskan tracing pertama telah berlangsung kemarin dengan dengan sasaran kontak erat langsung dengan A. Hasilnya ada tujuh orang yang termasuk dalam kontak erat dengan A.

“Kemarin sudah diperiksa 8 Orang, yaitu Nyonya A dan 7 orang yang masuk kontak erat. Mereka diperiksa rapid antigen dan hasilnya negatif, 8 orang ini juga diambil sampelnya untuk dikirim ke Puslabkes di Jakarta,” urainya.

Selanjutnya, tracing pada kontak erat lini dua yang dilaksanakan oleh petugas Puskesmas Ketanggungan di rumah A, Desa Kubangjati, Kecamatan Ketanggungan, Brebes hari ini.

Pada tracing lini dua ini petugas menjaring 7 orang terdiri dari tetangga dan kerabat dekat. Mereka kemudian diperiksa rapid antigen dan semua hasilnya negatif.

“Yang kami periksa adalah tetangga dan orang orang yang terlibat kontak dengan 7 orang yang ditracing kemarin,” ungkap Susani.

Diberitakan sebelumnya, A merupakan salah satu dari total dua penyintas virus Corona B117 yang diungkap oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil pada Rabu (3/3/2021).

Plt Kadinkes Karawang, Nanik Jodjana, mengungkap keduanya merupakan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi yang pulang ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta pada waktu yang berbeda.

Keduanya menjalani tes PCR. Hasilnya positif terpapar virus Corona B117. Pihak berwenang kemudian meminta keduanya menjalani karantina di sebuah hotel di Jakarta.

“Setelah dites lagi, hasilnya sudah negatif,” kata Nanik, Rabu (3/3/2021).

Keesokan harinya, Nanik mengungkap salah satu penyintas yakni A mudik ke Brebes. A disebut selama ini tinggal bersama suaminya di Karawang.

Nanik menegaskan kondisi A yang sempat terpapar Corona B177 itu sudah negatif. Namun pihak Kemenkes, menurut dia, sudah berkoordinasi dengan pihak Pemkab Brebes untuk mengawasi A. (BP/01)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: