Ratusan Rumah Warga Korban Puting Beliung Terima Bantuan Perbaikan

BERITAPANTURA.id, TEGAL KOTA – Puting Beliung yang menerjang dua kelurahan di Kecamatan Margadana Kota Tegal, menjadikan 178 rumah warga rusak.

Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono dan Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat memberikan bantuan untuk memperbaiki kerusakan dari mulai rumah rusak berat maupun ringan.

Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono dan Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat memberikan bantuan secara simbolis di Masjid AL-Furqon Kecamatan Margadana Kota Tegal, Minggu (28/02/21). (Foto: Dinkominfo Tegal Kota)

Bantuan material dan sembako diserahkan secara simbolis di Masjid AL-Furqon Kecamatan Margadana Kota Tegal, Minggu (28/02/21). Tercatat di posko bencana alam puting beliung ada 2 kelurahan yang diterjang angin puting beliung, yakni Kelurahan Margadana dan Kalinyamat Kulon.

Camat Margadana, Cipto Darsono menyampaikan bahwa di Kelurahan Kalinyamat Kulon ada 49 rumah rusak dan 7 pohon besar tumbang. Sedangkan di Kelurahan Margadana rumah rusak tercatat ada 129, pohon besar tumbang ada 5 pohon.

“Alhamdulillah dari jumlah 178 rumah rusak sebagian sudah dibetulkan oleh pemilik rumah dibantu swadaya dari warga lingkungan yang peduli,” ujar Cipto.

Sementara itu Sekjen PMI Pusat Sudirman Said mengatakan PMI adalah semi pemerintah, strukturnya selalu beriringan. Undang-Undang No 1 Tahun 2018 ada mandat besar yang harus dijalankan palang merah yakni memberikan bantuan korban konflik dan korban bencana.

“Nah untuk saat ini PMI membantu korban puting beliung yang ada di Kecamatan Margadana Kota Tegal dengan memberikan bantuan berupa material, dan meminta kepada Walikota Tegal dan jajarannya agar terus menjadi pengayom dari gerakan palang merah Indonesia,” ujar Said.

Sementara Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono saat memberikan sambutan menuturkan agar secepatnya semua elemen bergerak untuk membantu warga yang rumahnya rusak dengan memperbaiki mulai dari rumah yang rusak ringan maupun berat agar masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa.

“Selain rumah, saya berharap pohon yang tumbang bisa dibersihkan dan lahannya bisa ditanam kembali dengan pohon yang baru,” jelas Dedy Yon.

Dedy Yon juga meminta agar Dinas Kesehatan memberikan bantuan obat obatan atau mengecek kesehatan warga yang berdampak akibat musibah itu meskipun tercatat sampai hari ini tidak ada warga yang meninggal maupun mengalami luka berat maupun ringan akibat terjangan angin puting beliung pada hari Jumat (26/02/21). (BP/02)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: