Terapkan ETLE, Satlantas Polres Jepara Pasang 5 Kamera Pemantau

BERITAPANTURA.idJEPARA – Sat Lantas Polres Jepara akan mulai menerapkan sistem tilang elektronik atau electronik traffic law enforcement (ETLE) untuk menindak pelanggar lalu lintas. 

Satlantas Polres Jepara akan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Jepara, terutama terkait dengan prasarana penunjang kegiatan tilang elektronik ini.

(Foto: Ilustrasi)

Kapolres Jepara AKBP Aris Tri Yunarko menyampaikan, penerapan tilang elektronik ini diharapkan bisa semakin mendisiplinkan masyarakat dalam berlalulintas. Dalam penerapannya nanti, Polres jepara dan Pemkab Jepara akan memanfaatkan kamera CCTV yang sudah terpasang di sejumlah titik jalan di Jepara.

Nantinya, setiap pelanggar lalu lintas yang tertangkap kamera CCTV akan tercatat dalam sistem yang sudah disiapkan. Melalui pelat nomor yang terindentifikasi, surat tilang kemudian akan diantar ke alamat pelanggar lalulintas tersebut.

“Jika surat tilang yang sudah dikirim tidak segera diurus sampai jangka waktu yang telah ditetapkan. Maka penyelesaiannya adalah pada saat yang bersangkutan mengurus perpanjangan STNK. Jika tidak diselesaikan maka prosesnya tidak akan dilayani. Jadi harus diselesaikan dulu perkara tilangnya,” kata kapolres.

Kapolres menyebut, rencana penerapan tilang elektronik Polres Jepara ini sebelumnya sudah disiapkan sejak beberapa tahun lalu pada tahap awal Satlantas Polres Jepara mulai merintis didirikannya Traffic Management Centre (TMC).

Sementara Kasat Lantas Polres Jepara AKP Hari Condro Ribowo mengungkapkan bahwa pada tahun 2020 lalu, fasilitas TMC sudah siap untuk dioperasikan, termasuk di dalamnya menyangkut kesiapan sistem jaringan online-nya. Polres Jepara tinggal mendapatkan izin untuk bisa mengakses kamera-kamera CCTV yang saat ini sudah dipasang oleh Dishub Kabupaten Jepara.

“Ada 5 kamera CCTV yang kita pasang di sepanjang jalan protokol. Disisi lain Pemkab Jepara juga memilikinya. Jadi nanti akan kami gabungkan dalam satu sistem agar bisa digunakan untuk mendeteksi pelanggar lalu lintas,” paparnya.

Untuk penindakannya, Condro mengatakan, sama dengan kota-kota lainnya yang sudah menerapkan ETLE.

Setelah plat nomor terlacak dan data pemilik kendaraan diketahui, Satlantas akan mengirimkan pemberitahuan kepada identitas pemilik kendaraan tersebut.

Surat pemberitahuan yang dikirimkan melalui PT POS ini juga dilampiri dengan foto saat pelanggaran dilakukan oleh pengendara.

“Kemudian pelanggar atau pemilik kendaraan ini dipersilakan datang ke Satlantas Polres Jepara untuk melakukan konfirmasi,” ujarnya. (BP/02)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: