Berangsur Surut, Banjir di Pekalongan Masih Menggenangi 9 Kelurahan

BERITAPANTURA.idPEKALONGAN – Banjir diPekalongan, di beberapa titik telah berangsur surut. Dari 16 kelurahan yang tergenang, hari ini masih menyisakan 9 kelurahan.

Kelurahan yang masih tergenang yakni di Wilayah Kecamatan Pekalongan Utara dan Kecamatan Pekalongan Barat. Di Kecamatan Pekalongan Barat, wilayah yang masih tergenang yakni di Kelurahan Pasir KratonKramat (PKK), Kelurahan Tirto dan Kelurahan Pringrejo.

Banjir yang masih menggenangi sejumlah kelurahan di Pekalongan, kini mulai berangsur surut. Nampak penjual sayuran, menjajakan kebutuhan rumah tangga dengan perahunya.

Sedangkan di Kecamatan Pekalongan Utara, genangan masih terjadi di wilayah, Kelurahan Kandang Panjang, Kelurahan Degayu, Kelurahan Panjang Wetan, Kelurahan Bandengan, Kelurahan Panjang Baru dan Kelurahan Pabean.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Pekalongan, Dimas Arga Yudha mengatakan, cuaca beberapa hari cerah, mendukung adanya genangan banjir di Pekalongan surut sedikit demi sedikit “Beberapa wilayah sudah surut, bahkan sejak kemarin sudah bersih-bersih rumah. Namun masih ada juga yang masih tergenang,” kata Dimas, Selasa (23/2/2021) pagi.

Dimas menambahkan, untuk wilayah yang tergenang sendiri, ketinggian masih bervariatif, kisaran dari 20 hingga 70 centimeter.

“Semoga hari ini tetap cerah, dan permukaan air sungai turun sehingga kerja pompa air bisa di maksimalkan,” jelasnya.

Sementara itu, dari data BPBD Kota Pekalongan, jumlah pengungsian akibat banjir di Pekalongan yang tercatat hingga Selasa (23/2/2021) pukul 00.00 WIB, mengalami penurunan dibandingkan hari Minggu (20/2/2021) lalu.

“Hari Minggu ada 3.101 jiwa yang mengungsi dan sekarang jumlah pengungsi mencapai 2.949 jiwa,” kata Dimas.

Para pengungsi itu merupakan warga di Pekalongan Utara 928 jiwa, dan warga Pekalongan Barat 2021 jiwa. “Semoga hari ini air bertambah surut,” pungkas Dimas. (BP/01)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: