Musda DKD Jepara, Kustam Terpilih Sebagai Ketua Baru

BERITAPANTURA.idJEPARA – Masa kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Jepara telah berakhir. Sebagai kelanjutannya, dilaksanakanlah pemilihan pengurus baru yang dikemas dalam kegiatan Musyawarah Daerah (Musda). Kegiatan ini digelar pada Minggu (21/2/2021) bertempat di Gedung Serbaguna Pantai Tirta Samudera Bandengan.

Ketua DKD Jepara periode lalu, Udik Agus Dwi Wahyudi pun menjaring sejumlah pengurus untuk lebih bisa menggerakkan roda organisasi yang berkecimpung di dunia kesenian dan budaya. Agar DKD Jepara dapat lebih dikenal dan kiprahnya bisa dirasakan masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Zamroni Listiaza dalam acara pembukaan Musda DKD Jepara, bertempat di Gedung Serbaguna Pantai Tirta Samudera Bandengan. (Foto : RS/ DKD Jepara)


Dari hasil Musda, terpilihlah Kustam Erey Kristiawan sebagai Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Jepara periode 2021-2025. Ia meraih 46 suara dari 56 suara, serta menyingkirkan 3 calon yang sebelumnya terpilih melalui penjaringan.

Tampil memimpin sidang Musda, Seniman muda Aminan Basyari ditemani Rhobi Shani. Sesuai Peraturan dan Tata Tertib (Pertatib) Musda, mengawali proses pemilihan dengan penjaringan nama secara tertulis. Peserta Musda masing-masing menulis satu nama calon untuk menentukan 5 nama teratas yang akan maju ke pemilihan tahap akhir.

Dalam penghitungan suara hasil penjaringan bakal calon, terdapat 4 nama yang menempati peringkat 5. Peserta Musda sepakat memilih 4 nama saja antara lain, Kustam Eka Jalu, Didik Pramono, Amin Ayahudi, dan Didit Endro S. Ditambah ketua lama, mereka menjadi tim formatur untuk melengkapi kepengurusan DKD Kabupaten Jepara periode 2021 – 2025.

“Dengan dukungan teman-teman, semoga bisa membawa kesenian Jepara lebih dikenal di level nasional dan internasional. Saya siap bekerja dan berkreasi melakukan inovasi sebaik-baiknya untuk memajukan Jepara sebagai kota budaya dan kota kesenian sehingga nama Jepara ada dalam peta kesenian Indonesia dan dunia,” kata Kustam dalam sambutan singkat setelah menerima palu pimpinan DKD Jepara dari Ketua Sidang Aminan Basyari.

Saya siap bekerja dan berkreasi melakukan inovasi sebaik-baiknya untuk memajukan Jepara sebagai kota budaya dan kota kesenian sehingga nama Jepara ada dalam peta kesenian Indonesia dan dunia,” kata Kustam dalam sambutan singkat setelah menerima palu pimpinan DKD Jepara dari Ketua Sidang Aminan Basyari.

Sementara itu, Bupati Jepara Dian Kristiandi yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Zamroni Listiaza dalam acara pembukaan musda berpesan agar dalam bekerja, DKD Kabupaten Jepara mengangkat nilai-nilai kearifan lokal sekaligus mempromosikan Kabupaten Jepara. Bupati juga berpesan pentingnya regenerasi.

“Libatkan generasi muda dalam pengembangan kegiatan seni budaya sehingga ke depan memudahkan proses transformasi pewarisannya,” tandas Bupati Andi melalui Zamroni Listiaza.

Musda tersebut juga dihadiri Kepala Diskominfo Jepara Arif Darmawan, Kepala Disdikpora Agus Tri Harjono, serta dua Ketua DKD Jepara periode-periode sebelumnya, Hadi Priyanto dan Udik Agus Dwi Wahyudi. (BP/01)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: