Mudrikatun: Petugas Pelayanan Publik dan Pewarta Jadi Target Vaksinasi Tahap II

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Vaksinasi Covid-19 tahap pertama bagi tenaga kesehatan (Nakes) telah selesai, kini pelaksanaan tahap kedua akan dilaksanakan Selasa besok.

Petugas pelayanan publik menjadi sasaran program tersebut. Pemkab Jepara meminta semua pihak untuk tidak perlu takut ataupun ragu, sebab sudah terbukti aman dan halal.

(Foto: Ilustrasi)

Berdasarkan data hingga 21 Februari kemarin, pelaksanaan tahap pertama program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Jepara hampir selesai dilakukan. Pada dosis pertama telah mencapai 98,54 persen dan dosis kedua sudah 76,11 persen. Demikian mengemuka dalam rapat virtual, terkait upaya percepatan penanganan pandemi Covid-19 di Jawa Tengah, Senin (22/02/2021).

Bupati Jepara Dian Kristiandi, bersama Forkopimda dan sejumlah pejabat terkait mengikuti forum ini dari ruang kerja bupati. Melalui Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jepara Mudrikatun, mengatakan saat ini pihaknya tengah mengejar untuk menyelesaikan vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan.

“Target 14 hari ke depan kita akan selesaikan. Yang kemarin ditunda,” ujarnya saat ditemui usai mengikuti rapat.

Lebih lanjut, Mudrikatun menyampaikan, tahap kedua program vaksinasi akan mulai dilakukan Selasa, 23 Februari 2021. Adapun sasarannya adalah petugas pelayanan publik, dengan total 4.250 orang. Selain itu, 17 pewarta yang telah terdaftar juga menjadi target vaksinasi Covid-19.

Sebelumnya, selama pandemi ini pekerja media menjadi kelompok yang rentan terpapar Covid-19, sebab mereka mempunyai mobilitas tinggi.

“Pelaksanaan vaksin kita akan lakukan mulai besok, tanggal 23 sampai dengan 27 Februari,” beber Ika.

Selain petugas pelayanan publik dan wartawan, kelompok masyarakat yang mendapatkan prioritas vaksinasi tahap kedua, di antaranya pedagang hingga lansia berdasarkan ketersediaan vaksin. Dinkes pun telah menyiapkan 44 fasilitas kesehatan untuk pelayanan vaksinasi Covid-19. Meliputi 22 puskesmas, 16 klinik swasta, dan 6 rumah sakit.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Jepara Dian Kristiandi, menjelaskan vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk membentuk kekebalan terhadap penyakit. Meski sudah divaksinasi warga diimbau untuk tetap patuh protokol kesehatan. (BP/02)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: