Awas, Modus Penipuan Bantuan Catut Nama Bupati Jepara

BERITAPANTURA.id, JEPARA – Pemerintah Kabupaten Jepara meminta kepada masyarakat, khususnya pengurus tempat ibadah agar tidak percaya dengan pesan singkat yang mengatasnamakan Bupati Jepara, Dian Kristiandi yang akan memberikan bantuan melalui transfer uang ke nomor rekening.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jepara Arif Darmawan, pada Kamis (18/02/2021) malam.

“Saya informasikan kepada pengurus semua tempat ibadah, pondok pesantren di Kabupaten Jepara untuk tidak merespon pesan via WA dan memberikan nomer rekening ke nomor yang mengatasnamakan Bupati Jepara,” ujar Arif.

Arif menuturkan, imbauan ini menyusul adanya pesan berantai yang mengatasnamakan bupati Jepara Dian Kristiandi yang meminta nomor rekening untuk diberikan bantuan hibah ke tempat peribadatan. Padahal di Pemkab saat ini, tidak ada kegiatan tersebut.

“Beberapa pengurus vihara ada yang melapor. Ada juga pengurus ponpes mendapatkan pesan singkat yang mengatasnamakan Bupati Jepara ini,” terangnya.

Lebih lanjut, Arif menyebut, adapun nomor yang digunakan oleh oknum atau pelaku yaitu, +62 878 6050 8337. Dalam aksinya, pelaku juga memasang foto profil Bupati Jepara guna meyakinkan korbannya,

“Sekali lagi, kalau mendapatkan telpon ataupun wa dari nomor tersebut tidak usah ditanggapi. Itu bukan nomor bupati,” tegasnya.

Pesan yang dilakukan oknum tersebut dikhawatirkan, akan meminta sejumlah uang kepada korbannya. Karenanya, pemkab mengeluarkan imbauan bahwa iming-iming bantuan itu tidak benar. Sedangkan nomor yang digunakan bukan nomor bupati Jepara.

“Pemkab Jepara mengeluarkan imbauan atau pemberitahuan tersebut agar tidak ada korban penipuan,” pungkasnya. (BP/02).

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: