Ketentuan Baru, Nakes Yang Tertunda Kini Bisa Divaksin

BERITAPANTURA.id, BREBES – Bagi warga yang memasuki tahapan vaksinasi dengan keluhan komorbid atau memiliki penyakit bawaan ataupun bagi penyintas yakni warga yang pernah terkonfirmasi positif Covid-19 dan sembuh kini sudah dapat divaksin.

Sebagaimana proses vaksinasi tahap I yakni untuk pejabat publik dan tenaga kesehatan yang sempat terkendala dan tertunda karena ada keluhan tersebut, sudah bisa divaksin. hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr Sri Prima saat ditemui, Senin (15/02/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr Sri Prima saat ditemui, Senin (15/02/2021). (Foto: Diskominfo Brebes)

Menurutnya, termasuk penyintas kanker juga tetap dapat divaksin setelah adanya ketentuan baru. Pihaknya akan kembali memanggil tenaga kesehatan yang sempat tertunda lantaran adanya kendala tersebut.

“Untuk penyintas bisa diberikan 3 bulan setelah dinyatakan sembuh dari covid-19. Dengan ketentuan baru tersebut, pemberian vaksin tahap I diharapkan 100% dapat terselesaikan,” paparnya.

Lebih lanjut, Sri Prima menyampaikan memasuki tahap II akan diberikan vaksin bagi tenaga kerja atau pelayan publik seperti TNI/ Polri, Petugas Bandara, Stasiun, PLN, PDAM dan sejenisnya. Warga tidak perlu takut dan khawatir, karena vaksin ini tidak menyakitkan dan sangat aman.

Perlu diketahui, bahwa ketentuan baru vaksinasi covid-19, beberapa diantaranya seperti berusia di atas 18 tahun dan bagi orang lanjut usia (lansia), sudah bisa mendapatkan persetujuan untuk diberikan vaksin Covid-19.

“Warga dengan tekanan darah harus di bawah 180/110 mmHg, warga penyintas atau pernah terkonfirmasi Covid-19 lebih dari tiga bulan, bisa diberikan vaksinasi. Kemudian bagi ibu menyusui sudah bisa mendapat vaksinasi,” pungkasnya. (BP/02)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: