Pengadilan Agama Jepara Tambah 3 Hakim Baru

BERITAPANTURA.idJEPARA – Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Jepara, menerima tambahan 3 hakim baru. Pelantikan dilaksanakan secara sederhana, pada Kamis (11/2/2021) siang, di kantor Pengadilan Agama Jepara, oleh Ketua PA Kabupaten Jepara, Abdul Rahim.

Ketua PA Abdul Rahim mengakui keterbatasan tenaga hakim di Pengadilan Agama Jepara. Dengan kehadiran 3 hakim tambahan ini, pelayanan di Kantor PA Jepara akan lebih optimal. Khususnya dalam membantu kasus-kasus di persidangan.

Ketua Pengadilan Agama Jepara Abdul Rahim, melantik 3 hakim bari di PA Jepara, pada Kamis (11/2/2021). (Dok: DiskominfoJepara).

Tiga hakim baru di PA Kabupaten Jepara, yaitu hakim Sujadi yang sebelumnya Hakim Utama Muda di PA Kabupaten Brebes. Kemudian hakim Ali Sofwan sebelumnya bertugas di PA Purworejo, menduduki jabatan Hakim Madya Utama di PA Jepara, dan terakhir Ayep Sholih, yang sebelumnya bertugas di Kabupaten Muara Saba, Jambi menduduki jabatan sebagai Hakim Pratama Utama di PA Jepara.

Dengan demikian, Jepara memiliki 5 hakim, termasuk 3 orang yang baru saja dilantik. Sebelumnya PA Jepara memiliki 4 hakim, namun 1 orang hakim pindah ke Kudus, dan 1 orang hakim lainnya, tengah sakit sehingga tidak dapat bertugas.

Selama ini, untuk menangani kasus persidangan karena kekurangan hakim, formatnya hanya menggunakan hakim tunggal. Hal ini sebagaimana instruksi dari Mahkamah Agung (MA), karena memang PA Jepara kekuarang hakim. Jika menggunakan format majelis hakim, maka dibutuhkan hakim lebih banyak lagi karena dalam setiap eprsidangan butuh 3 orang hakim. (BP/04).

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: