Berikan Dampak Positif Dengan Keterbukaan Informasi

BERITAPANTURA.idDEMAK – Pejabat pengelola Informasi Publik (PPID) Utama yang diwakili Kepala Dinas Kominfo Endah Cahyarini dan Kabid Komtik Agus Pramono ditunjuk menjadi narasumber pada Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik Bagi PPID Pembantu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang diadakan oleh Kepala Bidang Perekonomian Edi Suntoro di Ruang Rapat Dinkominfo, Kamis (4/2/2021).

Dalam sambutannya Kepala Bidang Perekonomian sekaligus Pembina BUMD Kabupaten Demak Edi Suntoro menyampaiakan, BUMD adalah termasuk badan publik yang mendapatkan anggaran baik itu APBD maupun APBN yang memiliki kewajiban untuk mengumumkan dan menginformasikan kepada publik tentang semua kegiatan di ruang lingkup BUMD, dengan terbukanya informasi mengenai BUMD diharapkan akan memberikan dampak positif untuk organisasi maupun masyarakat.

Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik Bagi PPID Pembantu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang diadakan oleh Kepala Bidang Perekonomian Edi Suntoro di Ruang Rapat Dinkominfo, Kamis (4/2/2021). (Foto : Dinkominfo Demak)

“Semakin terbukanya informasi badan publik saat ini akan menghindari rasa curing dan wasangka oleh publik. Transparansi informasi mengenai BUMD akan memberikan dampak positif, baik untuk organisasi maupun masyarakat”, kata Edi Suntoro.

Ucapan terima kasih disampaikan Kadinas Komunikasi Endah Cahyarini kepada perwakilan BUMD yang mengikuti sosialisasi.”Ini merupakan langkah yang luar biasa yaitu dengan melakukan keterbukaan informasi publik. Ketika semua informasi sudah di upload di website, jika ada masyarakat yang membutuhkan informasi tinggal melihat di web saja”.

Dijelaskan, informasi yang terdapat di PPID pembantu BUMD yaitu informasi berkala, inforamasi setiap saat, informasi serta merta, dan informasi dikecualikan. Lebih lanjut Endah menyampaikan salah satu bentuk keterbukaan informasi yakni menyampaikan berita-berita kegiatan dan produk BUMD.

Sementara Kabid Komtik Agus Pramono mengaku, pihaknya siap membantu BUMD untuk mempersiapkan keterbukaan informasi pada PPID pembantu BUMD. “kami akan membantu dalam mempersiapan PPID BUMD tersebut. Silahkan persiapakan admin, selanjutnya kami akan berikan pelatihan terkait apa-apa yang dibutuhkan pada  PPID pembantu BUMD,” pungkasnya. (BP/01)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: